Kenali Penyakit: Vulnus Laceratum/Punctum

Vulnus atau bisa kita sebut juga dengan luka adalah suatu bentuk dari trauma yang sering terjadi. Penyebab dari adanya suatu luka sangat banyak. Tetapi, kali ini kami akan menjelaskan luka robek (Vulnus laceratum) dan juga luka tusuk (Vulnus punctum).

Penyebab dari luka tusuk adalah suatu benda atau barang tajam yang masuk ke dalam kulit. Sedangkan untuk luka robek bisa disebabkan oleh robeknya jaringan kulit dikarenakan terbentur, tersangkut benda tajam, dan lainnya.

Vulnus laceratum

Vulnus laceratum atau biasa juga kita kenal dengan luka robek. Jenis luka ini mempuyai bentuk yang tidak teratur dan juga bentuk tepi yang bergerigi. Luka ini biasanya sering terjadi akibat terkena ranting pohon, batu, goresan kawat, terjatuh hingga terjadi robekan pada kulit.

Vulnus punctum

Vulnus punctum atau biasa juga dikenal dengan luka tusuk merupakan bentuk khusus dari trauma yang tembus ke kulit. Hal ini disebabkan oleh pisau atau benda runcing lainnya. Perawatan dari luka tusuk sangat banyak dan tergantung dengan tingkat keparahan cedera.

Jika Anda atau ada seseorang di lingkungan Anda mempunyai luka tusuk dan luka robek, jangan panik. Ada beberapa cara untuk mengobatinya.

Pertolongan Pertama

Berikut adalah step-by-step untuk menangani orang yang mempunyai luka tusuk dan luka robek.

  1. Jangan panik, tetap tenang. Walaupun pada saat orang tersebut mempunyai luka tusuk dan luka robek kemudian darah terus mengalir, kita sebagai pendamping diharapkan untuk tetap tenang.
  2. Hentikan pendarahan. Hentikanlah pendarahan di area luka dengan kain kemudian tekan bagian tersebut. Lakukanlah hal ini hingga petugas medis datang.
  3. Jaga luka dari kontaminasi bakteri. Jagalah kebersihan di sekitar luka agar luka tersebut tidak terinfeksi lebih parah.
  4. Hubungi petugas medis atau datangilah IGD terdekat agar luka tidak bertambah parah.

Daftar Pustaka

Putri, Yolanda. 2020. INTENSITAS NYERI VULNUS PUNCTUM SERTA PENGOBATAN ANALGETIK DI RS BHAYANGKARA KOTA MAKASSAR. Universitas Hasanuddin James dan Byard. 2016. Encyclopedia of Forensic and Legal Medicine. Academic Press.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online