Kenali Penyakit: Varicella (Cacar Air)

Apa itu Varicella?

Varicella adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus varicella zoster yang menyerang kulit dan lapisan kulit terdalam. Biasa disebut sebagai cacar air atau chicken pox ,tetapi orang jawa biasa menyebutnya cangkrangen.

Tahukah Anda?

Cacar air bisa menyerang siapapun ,tetapi biasanya sangat mudah menular pada anak anak. Sekitar 90% kasus cacar ir air ini menyerang pada anak usia kurang dari 10 tahun . Jika bayi atau anak – anak terserang cacar air bisa membuat mereka demam,rewel,merasa sakit di bagian kulitnya. Penyakit ini tidak hanya menyerang anak – anak saja ,tetapi orang dewasa juga dapat terinfeksi virus ini loh.

Penyebab Varicella (cacar air) yang dapat memicu berbagai komplikasi .

Di dunia medis cacar air dikenal dengan Varicella yang disebabkan karena virus Varicella zoster. Apabila seseorang terinfeksi virus ini dapat mengalami ruam kemerahan yang berisi cairan yang gatal sekali di seluruh tubuh.

Cacar disebabkan oleh serangan virus jika daya tahan tubuh orang tersebut sedang turun. Penularannya sangat cepat sekali terjadi melalui udara, percikan ludah dan juga kontak langsung dengan penderita. Cacar air pada orang dewasa dapat menimbulkan gejala yang lebih parah dan komplikasi serius apalagi jika seseorang tersebut peluh pernah terkena cacar air waktu masa anak – anaknya.

Yuk kenali tanda ,gejala, dan komplikasi Varicella (cacar air).

Kemunculan gejala Varicella atau cacar air sebenarnya berbeda – beda setiap orang. Umumnya Gejala orang yang terpapar virus Varicella zoster adalah lemas, demam, dan nyeri kepala yang biasanya terjadi 1-3 minggu sebelum timbul ruam di kulit. Lalu timbul ruam.

Ada juga gejala yang dirasakan seperti kelelahan dan tidak nyaman pada tubuh 1-2 hari kemudian timbul ruam pada tubuh,wajah,bawah ketiak terkadang juga timbul di dalam mulut. Lalu nantinya ruam akan berubah menjadi bitnik-bitnik berisi cairan yang gatal dan dapat mengering menjadi keropeng dalam 5 – 10 hari.

Selain gejala yang lebih parah, cacar air pada orang dewasa dapat menyebabkan komplikasi seperti batuk terus-menerus, sesak napas, dan pneumonia yang menyebabkan nyeri dada. Tidak hanya itu, cacar air juga dapat menyebabkan infeksi bakteri pada kulit, dan peradangan pada otak (encephalitis) .

Banyak orang dewasa mungkin meremehkan gejala cacar air. Padahal, penyakit ini bisa menyerang dan berkembang saat daya tahan tubuh seseorang sedang lemah.

Pengobatan

  • Obat Analgetik dan antipiretik seperti paracetamol untuk mengatasi keluhan gatal
  • Bedak untuk menghilangkan gatal
  • Antibiotic untuk mencegah infeksi sekunder
  • Obat antivirus : Acyclovir 600 mg  PO 5x/hari selama 7 hari. Dosis untuk anak  -anak adalah 20 mg/kg BB sebanyak 4 x/hari untuk 5 hari. Untuk orang dewasa adalah 600 mg sebanyak 4-5 x/hari selama 7 hari.

Pencegahan

Cara mencegah cacar air bisa dengan cara hindari kontak langsung dengan orang yang terpapar cacar air, jika bertemu dengan orang yang terpapar cacar air hendaknya memakai masker , yang paling efektif sampai saat ini adalah melakukan vaksinasi berupa vaksin cacar air. dianjurkan bagi anak kecil atau orang dewasa yang belum melakukan vaksinasi tersebut. Pemberian vaksinasi cacar pertama kali dilakukan pada usia 12-15 bulan, dan melakukan vaksin lanjutan ketika sudah berusia 2-4 tahun. Untuk anak dengan usia lebih besar dan buat orang dewasa, perlu mendapatkan 2x vaksinasi dengan rentan waktu sekitar 28 hari.

Daftar Pustaka

Arifputera A, dkk. Kapita Selekta Kedokteran. Editor, Tanto C, dkk. Edisi 4. Jakarta: Media Aesculapius. 2014; jilid 1 ; 327.

Center of Disease Control and Prevention. Chickenpox (Varicella). CDC. 2021.

Sugito TL. Infeksi Virus Varicella – Zoster pada bayi dan anak. Dalam : Boediardja S A editor. Infeksi Kulit Pada Bayi & Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta, 2003 : 17 – 33

Ayoade Folusakin, Kumar Sandeep . Varicella Zoster. StatPearls Publishing, Miami, 2021. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK448191/

Papadopoulos AJ, Janniger CK. Chickenpox. Medscape. 2020. https://emedicine.medscape.com/article/1131785-overview

Harper J. Varicella (chicken pox). In : Textbook of Pediatric Dermatology, volume 1, Blackwell Science,2000 : 336 – 39.

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online