Kenali Penyakit: Tromboflebitis

Definisi

Tromboflebitis merupakan suatu gangguan peradangan pada pembuluh darah balik sehingga terjadi penggumpalan darah pada bagian pembuluh darah tersebut. Tromboflebitis bisa terjadi pada pembuluh darah balik yang berada dipermukaan (SVT) atau dekat dengan kulit dan dapat terjadi pada bagian sangat dalam kulit (DVT). Awal tromboflebitis terjadi adalah terjadinya penggumpalan kecil pada pembuluh darah yang terjadi secara tidak normal.

Penyebab

Hal yang dapat menyebabkan tromboflebitis adalah pemberian obat maupun cairan dengan menggunakan infus ketika anak sakit. Penggunaan infus dapat menyebabkan tromboflebitis dikarenakan anak yang aktif dan kurang dapat bekerja sama dalam hal pemasangan infus. Pemasangan infus yang susah dapat menyebabkan pergeseran kateter dan menyebabkan pemasangan yang tidak tepat sehingga menyebabkan aliran darah menjadi macet dan akhirnya tromblofebitis terjadi. Tempat terjadinya tromboflebitis pun tergantung pada bagaimana cara pemasangan, lokasi dari pemasangan, ukuran dan jenis jarum infus yang digunakan, berapa lamanya penggunaan kateter infus (normal tidak lebih dari 71 jam), penyakit yang diderita atau kemungkinan terkena infeksi pada anak.

            Selain karena pemasangan infus yang menyebabkan kerusakan/lecet pada pembuluh darah yang dipasang, penyebab lain terjadinya tromboflebitis adalah adanya gangguan pada penggumpalan darah, tidak digerakkannya bagian tubuh sangat lama dan hal-hal lain yang dapat merusak pembuluh darah. Tromboflebitis pada bagian sangat dalam dapat terjadi karena statis vena, cedera vascular dan kelebihan kemampuan penggumpalan darah.

Gejala

Tanda-tanda bahwa seseorang mengalami tromboflebitis permukaan adalah kemerahan, terasa hangat, terasa sakit ketika ditekan, dan tampak bengkak atau mengeras. Apabila tromboflebitissudah cukup lama dan parah dapat teraba bentuk seperti tali yang merupakan pembuluh darah yang bengkak bahkan bisa keluar cairan kental yang dapat berwarna seperti susu atau disebut juga nanah.

Tanda seseorang mengalami tromboflebitis yang dalam adalah bermacam-macam karena disesuaikan dengan tingkatan dan lokasi dari penggumpalan. Tanda utamanya adalah terjadinya pembengkakan pada salah satu bagian, terasa hangat dan nyeri.

Pengobatan

Hal yang dapat dilakukan untuk dapat mengurangi bahkan menyembuhkan pada tromboflebitis di permukaan yang merupakan risiko rendah dan tidak ada penyebab penyakit berhubungan dengan penggumpalan darah dapat dengan mengkonsumsi obat golongan NSID, melakukan kompresi stoking kelas I atau II, dan pertimbangan menggunakan krim hiduroid. Namun pada anak yang berisiko tinggi yang memiliki tromboflebitis permukaan pada bagian kaki sepanjang 5cm, ataupun pernah menderita penyakit gangguan penggumpalan darah dan keganasan harus menerima obat bernama fondaparinux dengan pemberian suntik dibawah kulit.

Pada anak yang mengalami tromboflebitis pada bagian sangat dalam maka harus mendapatkan pengobatan berupa obat untuk mencegah penggumpalan darah.

DAFTAR PUSTAKA

Di Nisio M, Wichers IM, Middeldorp S. Treatment for superficial thrombophlebitis of the leg. Cochrane Database Syst Rev. 2018;2.

Stone Jonathan, Hangge Patrick. Deep Pain thrombosis: pathogenesis, diagnosis and medical management. Cardiovascular Diagnosis and Therapy. 2017:7(3)

Suliman Mohammad. The incidence of peripheral intravenous catheter phlebitis and risk factors among pediatric patients. Journal of Pediatric Nursing. 2020:50.

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online