Kenali Penyakit: Timoma

Timoma merupakan tumor sel epitel pada kelenjar timus yang sangat sering ditemukan pada bagian mediastinum anterior. Mediastinum anterior adalah jaringan yang memisahkan antara kedua kantung pembungkus paru pada bagian depan tubuh (sternum). Belum dapat dipastikan penyebab dari timoma, namun diduga ada hubungannya dengan kelainan autoimun atau kelainan sistemik, seperti myasthemia gravis, poplymyositis, lupus (SLE), dan Cushing syndrome. Menurut Jurnal Radiologi Indonesia pada tahun 2017, sekitar 55% pasien dengan timoma tidak menimbulkan gejala dan pada 50-%-60% pasien timoma ditemukan tidak sengaja saat melakukan foto toraks. Jika dilihat dengan mata telanjang, timoma berbentuk seperti massa solid dengan warna abu kekuningan.

Pasien dengan timoma dapat ditemukan dalam tiga kondisi:

  1. Pada pasien asimptomatik, ditemukan timoma secara tidak sengaja saat melakukan foto toraks
  2. Pada pasien simptomatik, ditemukan timoma akibat adanya efek penekanan lokal dari massa di dalam rongga dada (batuk, sesak napas)
  3. Pada pasien simptomatik akibat sindrom paraneoplastik

Beberapa gejala yang ditemukan pada pasien timoma adalah:

  • Batuk, dapat disertai darah
  • Nyeri dada
  • Sesak napas
  • Benjolan di leher
  • Kesulitan menelan
  • Kehilangan nafsu makan
  • Kehilangan berat badan
  • Sindrom vena cava superior

Penanganan yang diberikan pada pasien dengan timoma ini bergantung pada stadium dan penyebarannya ke area lain. Pengobatan yang diberikan dapat berupa operasi, terapi radiasi, kemoterapi, atau gabungan dari satu atau lebih cara ini. Pada stadium awal, pengobatan yang paling baik untuk dilakukan adalah dengan operasi pengangkatan tumor sepenuhnya. Sedangkan untuk timoma dengan stadium lanjut pengobatannya dapat dilakukan dengan operasi dan dilanjutkan dnegan terapi radiasi karena operasi tidak dapat menghilangkan tumor sepenuhnya. Terapi tumor juga dapat dilakukan untuk mengecilkan ukuran tumor sebelum dilakukan operasi.

Daftar Pustaka

Aspek Klinik dan Karakteristik Tipe Histologik Timoma. Vianney, Maria Mayella and Rachmadi, Lisnawati. 2021. 1, Jakarta : Majalah Patologi Indonesia, 2021, Vol. 30.

Gambaran dan Stadium Timoma pada CT-Scan. Ekowati , Anita and Astuti, Lusiana. 2017. 1, Yogyakarta : Jurnal Radiologi Indonesia, 2017, Vol. 3.

Robinson SP, Akhondi H. Thymoma. [Updated 2021 Jul 21]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2021 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK559291/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online