Kenali Penyakit : Strongyloidosis

Cacingan merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang manusia. Biasanya penyakit cacingan sering terjadi pada anak-anak. Akan tetapi, penyakit cacingan sebenarnya bisa menyerang orang dewasa. Peyakit cacingan dapat dibedakan berdasarkan dari jenis cacing yang menyerang manusia. Pada artikel ini, penulis akan menjelaskan salah satu jenis penyakit cacingan yang disebut Strongyloidiasis.

Strongyloidiasis merupakan salah satu jenis penyakit cacingan yang menyerang manusia. Penyakit ini disebabkan oleh jenis cacing yang berukuran kecil yang dinamakan cacing Strongyloides stercoralis. Cacing ini memiliki bentuk tubuh seperti gelang atau memiliki tubuh yang berongga seperti tabung. Cacing Strongyloides strecoralis sering ditemukan pada daerah dengan iklim tropis sampai subtropis.

Penyebab Strongyloidiasis

Cacingan jenis ini dapat terjadi ketika seseorang terinfeksi cacing jenis Strongyloides stercoralis. cacing jenis ini dapat masuk ke tubuh manusia dengan cara menembus langsung kulit manusia ketika cacing ini dalam keadaan larva, lalu akan menjadi dewasa dalam usus manusia. Biasanya seseorang yang memiliki kebiasaan tidak memakai alas kaki saat pergi keluar rumah akan memiliki risiko yang tinggi untuk terkena cacing jenis ini.

Siklus hidup cacing Strongyloides stercoralis Setelah masuk ke tubuh manusia melalui kulit yaitu:

  1. Cacing ini akan pergi ke pembuluh limfatik lalu masuk ke pembuluh darah.
  2. Cacing ini akan pergi ke paru-paru kemudian naik ke esofagus dan tertelan ke dalam sistem pencernaan.
  3. Cacing akan bergerak menuju usus halus manusia dan tumbuh dewasa disana.

Gejala Strongyloidiasis

Seseorang yang terserang penyakit Strongyloidiasis terkadang tidak menunjukkan gejala sama sekali. Namun, pada beberapa kasus dapat menunjukkan gejala yang berat dan fatal. Adapun beberapa gejala yang dapat ditimbulkan ketika sesorang terkena strongyloidiasis yaitu:

  1. Akan mengalami rasa gatal yang hebat disebabkan oleh cacing yang menembus kulit, biasanya terjadi pada bagian kaki.
  2. Diare
  3. Nyeri perut
  4. Mual dan muntah
  5. Batuk

Selain itu, dalam beberapa kasus kronis atau yang terjadi dalam jangka waktu yang lama, strongyloidiasis ini dapat menyebabkan penyakit arthritis.

Pengobatan Strongyloidiasis

Seseorang yang terinfeksi cacing Strongyloides stercoralis harus diberikan penanganan baik yang mengalami gejala ataupun tidak. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya komplikasi pada penderita. Adapun obat yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit ini yaitu dengan obat cacing seperti :

  1. Albendazol 400 mg satu atau dua kali sehari selama tiga hari.
  2. Mebendazol 100 mg tiga kali sehari selama dua atau empat minggu.

Daftar Pustaka

Utami, Agnellia Maulidya dkk. 2018. Strongyloidiasis Berkaitan dengan Kejadian Arthritis Reaktif. Jurnal Faculty of Medicine, University of Jember, Indonesia

Kusumasari, Rizqiani. 2019. Penyakit Strongyloidiasis. Menara Ilmu Parasitologi Kedokteran Universitas Gadjah Mada.

Sutanto dkk. 2008. Parasitologi Kedokteran, Edisi Keempat. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online