Kenali Penyakit: Ruptur Ginjal

Definisi

            Ruptur ginjal atau biasa dikenal dengan sebutan robeknya jaringan ginjal merupakan kondisi ketika ginjal mengalami kerusakan jaringan penyusun. Adapun penyebab utama robeknya jaringan ginjal yaitu trauma. Trauma tumpul merupakan jenis trauma yang paling utama dan sering ditemukan dibandingkan dengan trauma tajam atau tembus dalam kondisi robeknya jaringan ginjal.

Penyebab

Contoh jenis trauma tumpul yang menyumbang kasus dalam robeknya jaringan ginjal yaitu kecelakaan kendaraan bermotor, jatuh, dan cedera olahraga. Ketika seseorang mengalami salah satu dari ketiga penyebab yang sudah disebutkan sebelumnya, sering kali disertai dengan benturan sehingga terjadi tumbukkan antara ginjal dan bagian tubuh lainnya seperti tulang rusuk dan tulang dada. Hal ini tentunya akan mengakibatkan kerusakan jaringan penyusun ginjal serta pembuluh darah sehingga berujung pada robeknya jaringan ginjal.

Untuk kasus robeknya jaringan ginjal yang disebabkan oleh trauma tajam atau tembus, contohnya yaitu tembakan peluru dan tusukan pisau di daerah perut. Tembakan peluru dapat menyebabkan jaringan ginjal mengalami perobekan akibat terbentuknya rongga yang mengganggu jaringan, pecahnya pembuluh darah dan saraf, serta patahnya tulang. Selanjutnya, luka tusuk pisau juga dapat menyebabkan jaringan ginjal menjadi robek dan tingkat kefatalannya tergantung pada lokasi tusukan. Ketika seseorang tertusuk di bagian depan perut,  tusukan ini akan mengenai bagian-bagian penting dari ginjal. Kemudian ketika seseorang tertusuk di bagian belakang tubuh dan dekat dengan ketiak serta perut, luka yang ditimbulkan tidak akan begitu fatal karena cenderung melukai jaringan penyusun ginjal yang terletak di 2/3 daerah terluar ginjal. Namun, segala kondisi harus segera ditangani karena keduanya dapat menyebabkan jaringan ginjal menjadi robek.

Gejala dan Tanda

Ketika seseorang mengalami kerobekan di jaringan ginjal, orang tersebut akan merasakan nyeri di bagian perut, tulang rusuk, dan tulang belakang. Nyeri yang dialami penderita memiliki tingkatan yang beragam, tergantung pada kondisi masing-masing. Selanjutnya, tidak jarang pula pasien yang mengalami robek di bagian jaringan ginjal akan merasakan ketegangan otot. Selain itu, ciri khusus dari keadaan robeknya jaringan ginjal yaitu adanya darah di dalam urin pasien.

Penanganan

Terjadinya robek di jaringan ginjal akibat trauma tumpul dapat ditangani dengan beberapa cara tergantung pada tingkat keparahannya. Apabila jaringan ginjal yang mengalami robek masih tergolong ringan, perdarahan akan berhenti secara spontan tanpa memerlukan tindakan operasi. Penanganan lainnya yaitu akan dilakukan pemasangan sebuah tabung tipis di bagian saluran kemih pasien. Pemasangan ini dilakukan dengan tujuan mencegah ataupun mengobati sumbatan urin yang berasal dari ginjal. Tidak hanya itu, pasien juga harus melakukan istirahat yang cukup dan mengonsumsi antibiotik sesuai dengan anjuran dokter. Namun, robeknya jaringan ginjal karena trauma tumpul juga dapat tergolong berat ketika terjadi perdarahan di bagian rongga perut, penumpukkan cairan urin, serta jaringan-jaringan penyusun ginjal sudah mengalami kerusakan yang sangat parah. Oleh karena itu, kondisi ini memerlukan tindakan operasi

Selanjutnya, robek di jaringan ginjal akibat trauma tajam atau tembus yang masih tergolong ringan tidak perlu melakukan tindakan operasi dengan catatan tidak adanya kerusakan jaringan ginjal yang parah dan penumpukkan cairan. Untuk kasus robek di jaringan ginjal akibat trauma tajam atau tembus yang tergolong cukup berat, dapat ditangani dengan cara pemasangan infus, pemberian cairan elektrolit, atau pemberian darah tambahan. Selain itu jika kondisi perdarahan akibat trauma tajam atau tembus makin parah dan disertai dengan syok, penanganan yang harus diberikan yaitu eksplorasi secara bedah melalui tindakan operasi.

Daftar Pustaka

Erlich, T., & Kitrey, N. D. (2018). Renal trauma: the current best practice. Therapeutic advances

in urology, 10(10), 295–303. https://doi.org/10.1177/1756287218785828

Hall, M. R. Traumatic rupture of the kidney. Radiology. 1954 Aug;63(2):230-4. doi:

10.1148/63.2.230. PMID: 13194874.

Setiawan, M. R et all. 2017. Buku Ajar Ilmu Bedah. Unimus Press.

Singh S, Sookraj K. Kidney Trauma. [Updated 2021 Jul 19]. In: StatPearls [Internet]. Treasure

Island (FL): StatPearls Publishing; 2021 Jan-. Available from:

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK532896/

Tanagho, E. A. McAninch, J. W. 2008. Smith’s General Urology. Lange.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online