Kenali Penyakit: Prostatitis

  1. Pengertian

Definisi dari prostatitis secara global sangat sulit ditentukan karena pada masing-masing sindroma prostatitis memiliki gejala yang berbeda-beda. Prostatitis merupakan keadaan dimana terdapat gangguan spektrum yang mempengaruhi pria. Kemudian, pengertian lain dari prostatitis adalah kelainan pada saluran urogenital pada bagian bawah dan perineum yang dialami oleh sekelompok pria. Prostatitis menggambarkan kombinasi penyakit menular (prostatitis bakteri akut dan kronis), CPPS atau prostatitis asimtomatik.

Ada beberapa pengkategorian dari prostatitis diantaranya :

  1. Kategori I yaitu prostatitis bakteri akut (ABP) yang berhubungan dengan gejala prostatitis berat, infeksi sistemik dan ISK bakteri akut.
  2. Kategori II yaitu Prostatitis bakteri kronis (CBP) yang disebabkan oleh infeksi bakteri kronis pada prostat dengan atau tanpa gejala prostatitis dan biasanya dengan ISK berulang yang disebabkan oleh strain bakteri yang sama.
  3. Kategori III yaitu Prostatitis kronis/sindrom nyeri panggul kronis yang ditandai dengan gejala nyeri panggul kronis dan kemungkinan gejala berkemih tanpa adanya ISK.
  4. Kategori IV yaitu Prostatitis inflamasi asimtomatik (AIP) yang ditandai dengan peradangan prostat tanpa adanya gejala saluran genitourinari.
  5. Penyebab Prostatitis

Penyebab dari prostatitis ini tergantung kepada kategori dari prostatitis ini. Penyebab dari prostatitis bakteri akut (ABP) disebabkan oleh adanya infeksi dari bakteri E. Coli diantaranya Pseudomonas aeruginosa, Serratia, Klebsiella dan Proteas. Kemudian, penyebab dari prostatitis bakteri kronis (CBP) yaitu adanya infeksi bakteri pada bagian prostat yang telah berlangsung lebih dari 3 bulan. Selanjutnya, penyebab dari prostatitis kronis (CBP) belum diketahui secara pasti. Terakhir, penyebab dari prostatitis inflamasi asimtomatik (AIP) belum diketahui secara pasti juga namun beberapa sumber mengatakan ketika sel-sel inflamasi teridentifikasi pada biopsi prostat atau leukosit yang tercatat pada analisis air mani selama urologi evaluasi karena alasan lain.

  • Gejala Prostatitis

Gejala dari prostatitis ini hampir sama untuk setiap pengkategorian. Gejala yang ditimbulkan diantaranya nyeri saat buang air, nyeri pada bagian testis, kesulitan buang air kecil, warna urin yang keruh, nyeri perut terutama pada bagian perut bagian bawah dan selangkangan, dan nyeri pada saat ejakulasi.

  • Pengobatan Prostatitis

Untuk pengobatan dari prostatitis tergantung kepada jenis pengkategorian dari prostatitis ini. Untuk prostatitis bakteri akut (ABP) dengan melakukan Terapi empiris harus dimulai pada saat evaluasi cakupan dapat disesuaikan dengan organisme yang diisolasi setelah hasil kultur urin tersedia. Untuk prostatitis bakteri kronis (CBP) merupakan infeksi bakteri sehingga antibiotik yang tepat dengan penetrasi jaringan yang baik di prostat yang harus dipilih yaitu Fluoroquinolones. Untuk pengobatan dari prostatitis kronis (CBP) dan prostatitis inflamasi asimtomatik (AIP) belum ditemukan pengobatan secara pasti.

Daftar Pustaka :

Dickson, G. (2013). Prostatitis (Diagnosis and treatment). Australian Family Physician Vol. 42, No. 4, 216-219.

Kontis, S., Migadalis, V., Kachrilas, S., & Papatsoris, A. G. (2011). Prostatitis: From Diagnosis to Treatment. Urinary Tract Infections, 51-57.

Nickel, J. C. (2021, 09 1). National Library of Medicine National Institutes of Health. Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3202001/

Sharp, V. J., & Tacaks, E. B. (2010). Prostatitis: Diagnosis and Treatment. American Family Physician Volume 82, Number 4, 397-406.

Soepraptie, T., Lumintang, H., Erlia, N., & Astari, L. (2008). Sindroma Prostatitis. Pengarang Utama 2 SKP. Pengarang Pembantu 1 SKP Vol. 20 No. 3, 251-260.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online