Kenali Penyakit: Pneumotoraks

Pneumotoraks adalah kondisi Ketika rongga tipis pada par-paru yang terdiri dari dua selaput pleura atau bisa disebut dengan rongga pleura, terisi dengan udara. Biasanya hal ini disebabkan adanya celah pada rongga pleura tersebut. Normalnya paru-paru akan menempel ke dinding dada. Jadi ketika menarik nafas, udara tidak akan masuk ke dalam rongga pleura. Pada penderita pneumotoraks, udara yang masuk di sela rongga pleura akan menekan paru-paru sehingga paru-paru menjadi sulit mengembang yang nantinya dapat mengakibatkan sesak nafas sampai meninggal.

Pneumotoraks sendiri dapat dipicu oleh banyak hal, antara lain yaitu umumnya cedera pada dada, penggunaan ventilator sehingga tekanan udara tidak seimbang, namun juga bisa diakibatkan oleh penyakit bawaan pada paru-paru seperti asma, infeksi paru-paru (TBC), dan kanker paru. Biasanya pneumotoraks memiliki resiko yang tinggi pada pria, berusia 20-40 tahun, memiliki Riwayat pneumotoraks baik pada diri sendiri maupun keluarga, dan memiliki kebiasaan merokok.

Hal yang dirasakan pada penderita pneumotoraks antara lain nyeri pada dada, sesak nafas, detak jantung yang meningkat, kulit dan bibir berubah warna menjadi biru, keringat dingin, pingsan bahkan kolaps pada paru-paru. Apabila hal-hal itu sudah dirasakan diharapkan penderita segera datang ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Diagnosis penyakit pneumotoraks dapat dilakukan dengan auskultasi menggunakan stetoskop, untuk pemeriksaan lebih lanjut dapat dilakukan CT scan, rontgen dada, serta USG untuk hasil yang lebih jelas. Dapat ditambah dengan pemeriksaan oksigen dalam tubuh, apabila oksigen dibawah saturasi normal maka kemungkinan besar terdapat permasalahan pada saluran nafas pasien.

Pengobatan yang dapat dilakukan pada penderita pneumotoraks antara lain yaitu melakukan aspirasi jarum dengan mengeluarkan udara yang terdapat pada rongga pleura menggunakan jarum yang dilapisi selang namun hal ini harus dengan pengamatan yang baik karena dapat meninggalkan bekas lubang yang cukup beresiko untuk masuknya udara yang lebih lagi. Apabila belum berhasil maka akan dilakukan tindakan seperti mengatasi bocornya udara pada dada dengan menaruh darah dari tubuh pasien ke rongga dada, dan yang terakhir dapat dilakukan tindakan operasi pembedahan untuk memperbaiki rongga pleura yang bocor.

Begitu bahayanya penyakit pneumotoraks sehingga dapat menyebabkan kematian, sebagai generasi berkembang sudah seharusnya saling menjaga dan mencegah dari penyakit pneumotoraks ini seperti menghentikan kegiatan fisik yang berlebihan bagi Kesehatan paru-paru, hentikan menghisap rokok, serta jangan lupa untuk terus menghubungi dokter apabila keluhan yang dirasakan sudah cukup mengganggu aktivitas sehari-hari.

Daftar Pustaka

Pneumothorax. – Mayo Clinic. (2019). Diakses pada 29 Agustus , 2021, http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pneumothorax/basics/definition/con-20030025 .

Collapsed lung (pneumothorax) – MedlinePlus. (2019). Diakses pada 29 Agustus, 2020, https://medlineplus.gov/ency/article/000087.htm .

Sallam, M., Elkhayat, H., & Elminshawy, A. 2020. Surgery of Pneumothorax: What is the Missing Arc? Journal of Critical Reviews, 3922–3996.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online