Kenali Penyakit: Pediculosis Capitis/Pubis

Pedikulosis merupakan sebuah penyakit kulit yang muncul akibat infestasi ektoparasit obligat penyedot darah yaitu kutu/tungau/lice. Pedikulosis dapat terjadi pada semua hewan yang berdarah panas seperti burung dan mamalia. Pedikulosis disebabkan oleh spesies Pediculus humanus var capitis  menginfeksi rambut kepala dan kepala dan juga, pedikulosis juga menginfeksi regio pubis, pedikulosis pada regio pubis (daerah selangkangan) disebabkan oleh infestasi tungau pubis Pthirus pubis.

            Seseorang yang terkena penyakit pedikulosis ini biasanya merasa gatal di bagian kepala ataupun bagian selangkangan, dan juga dapat dilihat langsung pada kulit, yaitu terdapat bercak kemerahan akibat infestasi parasit. Apabila tempat yang dirasa gatal digaruk, maka akan meyebabkan luka yang dapat menimbulkan infeksi. Gejala gatal pada kulit, disebabkan oleh saliva atau kotoran dari kutu itu sendiri. Selain rasa gatal, apabila telah terjadi infestasi berat, biasanya individu yang terserang parasit ini akan mengalami anemia dan membuat orang tersebut merasa mudah lesu.

            Pengobatan dari penyakit pedikulosis dapat dilakukan dengan nonfarmakologi atau tanpa obat dan juga dengan menggunakan obat, pada pengobatan dengan obat biasanya digunakan pedikulosa topikal yang ada di pasaran, sementara nonfarmakologi dapat dilakukan dengan menggunakan sisir serit.

DAFTAR PUSTAKA

Hardiyanti NI, Kurniawan B, Mutiara H, Suwandi JF. Penatalaksanaan Pediculosis Capitis. Jurnal Universitas Lampung. 2015.

Sari D, Suwandi JF. Dampak Infestasasi Pedikulosis Kapitis terhadap Anak Usia Sekolah. 2017.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online