Kenali Penyakit: Osteomyelitis

  1. Pendahuluan Osteomyelitis

Apa itu Osteomyelitis? Osteomyelitis atau osteomielitis merupakan suatu penyakit infeksi yang menyebabkan terjadinya peradangan pada tulang. Infeksi pada tulang tidak hanya berawal dari tulang itu sendiri yang mengalami cedera, tetapi juga dari jaringan terdekat yang terinfeksi kemudian mencapai tulang melalui peredaran darah.

  • Penyebab Osteomyelitis

Terdapat beberapa macam jenis mikroorganisme penyebab osteomyelitis. Pada orang dewasa, organisme yang paling umum ditemukan yaitu Staphylococcus aureus. Sedangkan pada bayi, apabila dilihat dari sampel tulang ataupun darah, sering ditemukan beberapa jenis mikroorganisme yaitu dimulai dari Staphylococcus aureus, Streptococcus agalactiae, dan Escherichia coli. Sedangkan, pada anak usia lebih dari 1 tahun, bakteri jenis Staphylococcus aureus, Streptococcus pyogenes, dan Haemophilus influenzae yang sering ditemukan.

Beberapa pasien berisiko tinggi terinfeksi osteomyelitis seperti pasien dengan bakteremia, endokarditis, penggunaan obat intravena, trauma, dan patah tulang terbuka. Selain itu, pasien dengan penyembuhan luka kronis akibat diabetes mellitus, penyakit pembuluh darah perifer, neuropati perifer, atau perangkat keras ortopedi juga meningkatkan risiko terinfeksi osteomyelitis.

Meskipun struktur tulang yang sehat biasanya tahan terhadap infeksi, tulang dapat terinfeksi dalam berbagai cara. Organisme yang menginfeksi dapat mencapai tulang melalui darah atau peristiwa seperti trauma, pembedahan, keberadaan benda asing, dan penempatan alat buatan yang menyerupai bentuk bagian tubuh (prostesis) yang menganggu integritas tulang.

  • Tanda dan Gejala Osteomyelitis

Infeksi yang terjadi pada tulang dapat menimbulkan tanda dan gejala seperti timbulnya bercak kemerahan (eritema), pembengkakan, dan terasa hangat di tempat infeksi. Selain itu, kemungkinan ada nyeri tumpul dengan atau tanpa gerakan dan terkadang terdapat gejala lain seperti demam atau kedinginan.

  • Pengobatan Osteomyelitis

Pengobatan osteomyelitis yang efektif melibatkan upaya kerja sama antara berbagai spesialisasi medis dan bedah. Dua aspek utama terapi adalah pembedahan untuk menahan infeksi dan antibiotik yang berkepanjangan. Prosedur pengangkatan jaringan kulit mati (nekrotik) dan tulang yang cedera sering kali dilakukan karena antibiotik tidak dapat menembus kumpulan cairan yang terinfeksi seperti abses dan tulang yang cedera atau nekrotik. Dengan demikian, pengangkatan jaringan nekrotik dan tulang yang cedera biasanya diperlukan jika memungkinkan.

Daftar Pustaka

Adidharma, A. A. G. B., Asmara, A. A. G. Y., & Dusak, I. W. S. (2020). Gambaran Tata Laksana Terapi Pasien Osteomielitis di RSUP Sanglah April 2015 – Oktober 2016: Sebuah Studi Deskriptif. Jurnal Medika Udayana, 9(4).

Momodu II, Savaliya V. Osteomyelitis. [Updated 2021 Aug 11]. In: StatPearls [Internet]. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing; 2021 Jan-. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK532250/

Rawung, R., & Moningkey, C. (2019). Osteomyelitis: A Literature Review. Jurnal Biomedik: JBM, 11(2), 69-79.

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online