Kenali Penyakit: Lipoma

Lipoma merupakan tumor subkutan jinak sel-sel lemak (adiposit) yang timbul dalam bentuk benjolan lembut dan tidak menimbulkan rasa sakit yang paling sering terlihat pada alat gerak. Ukuran Lipoma biasanya berkisar antara 1 – 10 cm. Lipoma juga bisa menjadi tanda kehadiran dari berbagai sindrom. Meskipun lipoma jarang ada di bidang dibawah kulit, mereka mungkin juga melibatkan bidang otot yang lebih dalam. (NCBI, 2021)

Lipoma merupakan tumor mesenkimal yang paling umum dari tubuh manusia. Penyebab pasti lipoma tidak diketahui. Hal ini menimbulkan spekulasi bahwa trauma menginduksi sitokin untuk melepaskan pemicu diferensiasi praadiposit dan pematangan. Hubungan antara gen dan kromosom 12 sudah ditetapkan pada lipoma soliter karena mutase pada gen HMGA2-LPP. Insiden lipoma meningkat pada pasien dengan obesitas, hiperlipidemia, dan diabetes mellitus. (NCBI, 2021)

Tanda dan gejala lipoma sangat tergantung pada lokasi dan ukuran lipoma. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pernapasan yang berhubungan dengan kerusakan paru-paru. Pasien dapat hadir dengan radang paru-paru dan kerusakan paru. Lipoma jantung terletak terutama pada bagian dalam jantung dan biasanya tidak berhubungan, mereka muncul sebagai massa kuning yang terdapat pada ruang jantung. Pasien dengan lipoma esofagus dapat hadir dengan kerusakan, sulit menelan, regurgitasi, muntah, dan refluks. Lipoma esofagus dapat dikaitkan dengan infeksi pernapasan berturut-turut. (NCBI, 2021)

Lipoma dapat menimbulkan beberapa gejala klinik yaitu sebagai berikut: (Reynolds, 2013)

  1. Lipoma biasanya bertekstur lembut.
  2. Lipoma bergerak ketika diberi tekanan dengan menggunakan tangan.
  3. Lipoma tidak menimbulkan penyakit.
  4. Lipoma biasanya terjadi pada orang yang sudah tua namun juga terjadi pada anak dan remaja

Lipoma ada beberapa jenis subtipe yaitu: (Reynolds, 2013)

  1. Adenolipoma                                      4. Chondroid lipoma
  2. Angiolipoleiomyomas                         5. Hibernoma
  3. Angiolipoma                                       6. Spindle cell lipoma

Mekanisme yang mungkin terjadi dari perkembangan lipoma adalah pasca-trauma ke daerah masing-masing. Hal ini juga telah menunjukkan teori bahwa hal ini berlaku hanya untuk trauma yang mengakibatkan kehancuran sel adiposa / lemak dan peradangan lokal berikutnya. Inilah yang mengakibatkan pembentukan lipoma. (Charifa, 2018)

Penatalaksanaan

Sebagian besar pasien yang membutuhkan pengobatan untuk lipoma biasanya karena alasan fisik. Lipoma dapat diperparah karena adanya hilangnya berat badan sehingga terlihat jelas. Pegobatan yang harus dilakukan pada lipoma tergantung pada banyak faktor seperti, ukuran lesi, lokasi anatomi, gejala seperti rasa sakit, dan komorbiditas pasien. Pengobatan yang bisa dilakukan dengan melakukan bedah pada lipoma dan pada lipoma yang besar harus dilakukan sedot lemak. (NCBI, 2021)

Terapi tanpa operasi seperti endoskopi dan kolonoskopi digunakan untuk lipoma saluran pencernaan (GI). Terapi lipoma dengan kolonoskopi dikaitkan dengan risiko perforasi usus besar yang lebih tinggi. (NCBI, 2021)

Teknik lain yang dapat digunakan untuk pengobatan lipoma adalah dengan menyuntikkan natrium translesional deoksicholate dan steroid intralesional dikombinasikan dengan isoproterenol (beta-2 adrenergik agonis). Namun bedah pada lipoma tetap dianjurkan untuk mencegah timbulnya kembali lipoma. Bedah yang dilakukan juga harus segera dilaksanakan pada saat lipoma masih kecil untuk mengurangi risiko gejala tambahan pada sendi, saraf, dan pembuluh darah, sehingga membuat bedah lebih sulit dan invasif. (NCBI, 2021).

Daftar Pustaka

Logan Kolb. 2021. Stat Pearls Books Content Is King. Monmouth Medical Center, University of Nebraska Medical Center

Martha A. Kaeser. 2010. A case report of an intermuscular lipoma: presentation, pathophysiology, differential diagnosis. Elssevier

GOHAR A. SALAM, M.D. 2002. Lipoma Excision. Michigan State University, East Lansing, Michigan

Charifa. 2018. Lipoma Pathology. Stat Pearls Publishing from Treasure Island (TI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online