Kenali Penyakit: Lichen Planus

Lichen Plenus yaitu pembengkakan pada permukaan kulit dan selaput mukos (lendir) yang diakibatkan karena abnormalitas dari sistem imun tubuh , penyakit ini bukan penyakit yang infeksius atau menular seperti penyakit menular pada umumnya , tetapi seluruh kalangan baik dari umur sampai ekonomi dapat terjangkit penyakit ini , penyakit ini ditandakan dengan adanya rash (ruam) dan bersisik pada kulit yang disertai dengan plak atau bercak berwana ungu kemerahan. Hal ini dapat menyebabkan rasa gatal tapi bisa juga tidak menyebabkan batal, dalam kasus yang lebih parah pada daerah tertentu seperti daerah mukosa (mulut , vagina) bercak yang muncul berwarna putih dan gatal yang disertai dengan nyeri yang mengganggu. Penyakit ini umumnya menyerang pasien yang berumur dewasa sampai dengan lansia tetapi remaja hingga anak anak dapat terkena penyakit ini.

Penyakit ini diawali saat terjadinya abnormalitas pada sistem imun dimana sistem imun ini mengira bahwa sel sel kulit atau selaput lendir ini sebagai threat atau ancaman sehingga mereka menyerang dan merusak sel sel yang sehat tersebut , keadaan ini sering disebut respon autoimun, penyebab utama terjadinya lichen ini juga belum ada studi yang mengatakan dengan jelas apa penyebab pastinya namun beberapa hal ini dapat meningkatkan peluang atau chance seseorang terjangkit penyakit lichen planus

-Infeksi Penyakit seperti hepatitis C

-Faktor Heredital (keturunan)

-Alergi (makanan , obat obatan)

-Riwayat operasi transplantasi organ tubuh bagian dalam

Selain bercak ungu ,gatal gatal , ruam , dan kulit bersisik ,lichen plenus dapat menyebabkan gejala lain pada kasus tertentu seperti mulut kering dan terasa pahit , bentuk kuku yang abnormal (bisa juga hilang), dan gangguan pada folikel yang menyebabkan kebotakan pada daerah kepala tertentu. Komplikasi ini dapat dicegah lebih dini apabila datang ke dokter lebih dahulu , apabila anda mengalami gajala gatal disertai bercak keunguan kunjungilah dokter untuk gejala dini awal dan pencegahan lebih lanjut dari lichen ini.

Terus apakah lichen plenus ini dapat disembuhkan , tentu saja bisa , bahkan dalam kasus lichen plenus yang ringan penyakit ini dapat sembuh tanpa menggunakan obat atau treatment tertentu dalam hitungan minggu sampai bulan , namun dalam kasus yang berat gejala akan makin parah apabila tidak ditangani seperti komplikasi diatas sehingga lichen yang parah harus ditangani oleh dokter ,  berikut beberapa obat yang dapat mengurangi tingkat keparahan symptom atau gejala dari lichen hingga mengobati lichen plenus .

  1. Antihistamin , obat ini berfungsi untuk mengurangi gatal gatal ar lichen plenus
  2. Kortikosteroid, obat ini berfungsi untuk mengurangi inflamasi atau radang
  3. Terapi sinyal UV, Terapi ini berfungsi untuk menghilangkan lichen plenus (bercak ungu) pada permukaan kulit
  4. Imunosuppresor, obat ini berfungsi untuk menekan aktivitas sistem imun apabila aktivitas terlalu banyak dalam jumah yang abnormal
  5. Retinoid , obat ini efektif untuk mengobati lichen plenus dan jauh lebih efektif dari 4 metode diatas digabung tetapi memiliki efek samping yang mengganggu bagi kulit (iritasi , kemerahan , hingga mengelupas) , obat ini tidak dianjurkan bagi ibu yang mengandung atau hamil.
  6. Antibiotik / Antifungi , obat ini diberikan apabila lichen telah menyebabkan komplikasi berupa infeksi.

Untuk meminimalisir gejala atau management dari lichen secara mandiri dirumah yaitu  jangan menggaruk daerah yang gatal karena dapat memperparah dan kompres daerah tersebut , kemudian oleskan krim hidrator (pelembab) untuk mengobati kulit kering dan gunakan produk kebersihan (seperti sabun , shampoo) yang tidak mengandung bahan kimia yang berat, sikat gigi 2 kali sehari (minimal) dan jangan memakan makanan yang terlalu panas dan dingin apabila anda mengalami lichen pada mulut.

Sumber:

Arnold L, David, 2021, Lichen Plenus, Jacksonville, Amerika Serikat

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK526126/ (diakses pada 2 september             2021 pukul 19.30 WIB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online