Kenali Penyakit: Leukemia Akut dan Kronis

Leukimia adalah salah satu jenis penyakit kanker darah dan sumsum tulang. Leukimia merupakan penyebab kematian akibat kanker ke-11 diseluruh dunia. Penyakit ini hanya dapat ditangani oleh tenaga menis professional. Leukimia diakibatkan karena pertumbuhan sel darah putih yang berlebihan sehingga menyebabkan fungsi sel darah yang normal terganggu. Ada dua jenis leukimia akut dan leukimia kronik. Tidak ada perbedaan gejala spesifik dan bisa termasuk turunnya berat badan, tulang terasa nyeri, pendarahan, demam, serta memar. Kedua jenis tersebut memiliki tanda-tanda yang hampir sama. Maka dari itu, Apakah perbedaan antara Leukimia akut dan kronis?

Perbedaan kedua Jenis Leukimia akut dan kronis

Jadi, apa perbedaan leukimia akut dan kronis ? penyakit kronis sendiri berarti penyakit dengan kondisi menis dengan kurun waktu yang lama dan terjadi secara berlahan-lahan sedangkan penyakit akut berarti kondisi medis atau penyakit yang berlangsung dalam waktu yang singkat.

Pada leukimia akut, sel kanker yang berubah berasal dari sel yang belum matang atau disebut juga immature. Leukimia jenis ini oleh sel blast yang dalam keadaan normal berkembang sangat cepat ditambah sel kanker yang tidak pernah berhenti membelah. Leukimia akut dapat terjadi lehib cepat daripada leukimia kronik.

Sedangkan pada leukimia kronik sel darah abnormal oleh sel yang sudah matang sehingga fungsi sel darah menuruh akibatnya tidak dapat melawan infeksi. Setelah itu, sel daran yang abnormal dapat hidup lebih lama menybabkan sel menumpuk dan mengganggu sel darah yang normal. Perkembangan leukimia kronik lebih lambat daripada leukimia akut sehingga penderitanya dapat hidup hingga beberapa tahun.

Apa saja gejala awal pada penyakit Leukimia ?

Pada penyakit leukimia tidak menunjukkan tanda- tanda yang jelas pada tahap awal. Gejala leukimia bisa terkait seperti sakit pada umumnya ada kelelahan, pucat dan merasa sakit. Adanya kecenderungan mudah berdarah / memar, rentan terhadap infeksi sakit tenggorokan disertai dengan sakit kepala, ruam kulit, demam, sariawan dan demam ringan. Pada tahap yang lebih lanjut gejala leukimia diatara lain ; adanya pembengkakan getah bening dan limpa bengkak serta jumlah sel darah putih yang tinggi  

Apa yang Harus Dilakukan Jika Menemukan Gejala Serupa?

Penyakit leukimia merupakan salah satu penyakit yang gejalanya tidak spesifik, diagnosis harus dilakukan oleh tenaga medis professional. Maka dari itu jika Anda ataupun keluarga Anda memiliki gejala yang serupa segera hubungi dokter agar mendapat tatalaksana yang tepat.

Daftar Pustaka

Arber, D.A., Orazi, A., Hasserjian, R., Thiele, J., Borowitz, M.J., Le Beau, M.M., Bloomfield, C.D., Cazzola, M. and Vardiman, J.W. (2016). The 2016 revision to the World Health Organization classification of myeloid neoplasms and acute leukemia. Blood, [online] 127(20), pp.2391–405. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27069254/. (diakses pada 02/09/2021)

Ambaedekar, Nayana. (2021). Understanding Leukemia Symptoms. Web MD. https://www.webmd.com/cancer/lymphoma/understanding-leukemia-symptoms (diakses pada 02/09/2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online