Kenali Penyakit: Leiomyoma

A. Pengertian           

Penyakit leiomioma yaitu tumor jinak yang berasal dari otot polos dan umum nya terjadi pada otot polos uterus. Seseorang biasanya datang dengan keluhan terjadinya perdarahan uterus abnormal atau berdasarkan temuan insidental yaitu saat  melakukan USG kehamilan. Penyakit leiomioma itu sendiri bisa terjadi dimanapun otot polos itu berada, tapi umum nya tidak berkembang menjadi ganas. Mioma dan leiomioma uteri itu sendiri merupakan salah satu bentuk paling umum dari penyakit leiomioma. Tumor jinak otot polos uterus ini juga merupakan tumor yang paling sering terjadi pada organ reproduksi wanita serta tergantung pada jumlah, lokasi, ukuran. Penyakit leiomioma atau mioma itu sendiri bisa menyebabkan berbagai gejala dan masalah infertilitas. Adapun kategori spesifik leiomioma umumnya ialah memiliki reseptor estrogen-positif. Tidak hanya diuterus saja, lokasi leiomioma yang sifatnya estrogen-positif dapat juga timbul dalam perut maupun dinding perut.

            Diagnosis leiomioma berdasarkan kriteria histologis pada biopsi, yaitu berupa ada atau tidak adanya aktivitas mitosis, tidak adanya atipia nuklir dan nekrosis koagulatif tumor. Penyakit leiomioma uteri umumnya ditemukan berdasarkan temuan insidental dari hasil ultrasonografi kehamilan atau pada seseorang dengan perdarahan uterus abnormal.

B Anamnesis dan pemeriksaan Fisik

            Presentasi klinis leiomyoma itu sendiri bermacam-macam, mulai dari pasien yang asimtomatik sampai dengan pasien dengan gejala progresif berulang yang dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari.Lalu Presentasi klinis ini berhubungan dengan jenis leiomioma yang diderita.

C. Diagnosis Banding

            Diagnosis banding leiomioma perlu dibedaan dengan bentuk keganasan pada otot polos, yaitu leiomyosarkoma. Aadapun terdapat juga diagnosis banding spesifik untuk mioma uteri.

            – Leiomyosarkoma

                        Yaitu tumor ganas otot polos pada jaringan lunak menunjukan adanya atypia nuklir dan aktivitas mitosis. Hal ini yang menunjukan bahwa leimyosarkoma terdiri dari sel-sel spindel yang saling menyilang, sitoplasma eosinofilik dan aktivitas mitosis yang bervariasi serta nukleus berbentuk cerutu yang berujung tumpul.

            – Diagnosis Banding Mioma Uteri

                        Diagnosis banding mioma uteri mencakup kondisi atau penyakit yang bisa menyebabkan gejala serupa dengan mioma uteri. Diagnosis banding yang paling umum dari penyakit ini ialah sebagai berikut:

  1. Leiomyosarkoma uteri
  2. Karsinoma endometrial
  3. Karsinosarkoma uteri
  4. Kehamilan
  5. Endometriosis
  6. Adenomyosis
  • Jenis Penyakit Leiomioma
  1. Leiomioma uteri

            Ialah jenis leiomioma yang paling umum ditemukan. Leiomioma uteri juga merupakan tumor ginekologi yang paling umum terjadi. Jenis ini adalah neoplasma monoklonal yang sifatnya jinak serta memiliki berbagai ukuran dan lokasi yang mempengaruhi gejala.

  • Leimioma Ginjal

            Ialah tumor jinak langka yang berasal dari sel otot polos ginjal. Tumor jenis ini biasanya ditemukan setelah autopsi. Gejala simtomatik berupa nyeri pada perut atau nyeri pada panggul dan hematuria dan jika ukuran tumor besar massa tumor akan teraba.

  • Leiomioma Kutaneus

            Ialah tumor kulit yang relatif jarang. Penyakit ini terjadi pada arektor pili atau otot polos yang menempel pada folikel rambut. Gejala dari tumor ini adalah nyeri serta umum nya terjadi pada orang dewasa.

  • Angioleiomioma

            Ialah tumor jaringan lunak perifer yang paling sering di jumpai. Lokasi yang umum nya terkena pada ekstremitas bagian bawah lalu di ikuti dengan tubuh bagian depan. Tumor angioleiomioma pada daerah sekitar kepala dan leher jarang sekali ditemukan. Penyakit ini juga menunjukan nodul ber batas tegas pada dermis yang memiliki ukuran 1-2 cm.

Daftar Pustaka

http://repository.maranatha.edu/1886/3/0510033_Chapter1.pdf

http://www.cdkjournal.com/index.php/CDK/article/viewFile/371/169

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online