Kenali Penyakit: Kanker Endometrium

Apa itu Kanker Endometrium?

Tahukah Anda, rahim terdiri dari beberapa lapisan. Salah satunya adalah endometrium (dinding dalam rahim) yang berperan pada menstruasi dan kehamilan. Pada lapisan ini terdapat banyak pembuluh darah. Kondisi tidak normal yang ditandai adanya sel ganas yang menyerupai kelenjar dinding dalam rahim disebut kanker endometrium. Sel kanker ini dapat menerobos dan menyebar ke daerah sekitarnya melalui jaringan, sistem getah bening (limfa), atau darah.

Terdapat dua tipe kanker endometrium, yaitu:

  • Kanker endometrium tipe 1

Tumor ringan yang menyerang bagian permukaan. Karena perkembangannya bertahap, dapat diketahui lebih awal. Biasanya menyerang perempuan yang belum menopause.

  • Kanker endometrium tipe 2

Merupakan tumor berat yang biasanya menyerang perempuan tua atau sudah menopause. Sel ganas dapat menyebar sampai ke miometrium (lapisan otot rahim) dan lebih berbahaya dari tipe 1.

Penyebab

Penyebab pasti dari jenis kanker ini belum diketahui. Rangsangan hormon estrogen dapat memicu pembesaran dan pembelahan tidak terkendali sel endometrium yang berujung pada kanker.

Gejala dan Tanda

  1. Perdarahan di luar siklus menstruasi atau pada wanita yang telah menopause
  2. Terdapat benjolan (tumor) di panggul
  3. Pinggul terasa nyeri
  4. Penurunan berat badan
  5. Mudah lelah
  6. Nyeri saat hubungan seksual
  7. Keputihan tidak normal (encer atau terdapat darah)

Pengobatan

Kanker endometrium dapat diatasi dengan operasi, kemoterapi, radioterapi, atau terapi hormon. Pengobatan ini dapat menyebabkan efek samping yang beragam.

Referensi

  1. ACS. (2019). About Endometrial Cancer. Cancer.org,  1.800.227.2345.
  2. Christian, J. (2016). Karakteristik Kanker Endometrium di RSUP H. Adam Malik Periode 2012-2015.
  3. PDQ® Adult Treatment Editorial Board. PDQ Endometrial Cancer Treatment. Bethesda, MD: National Cancer Institute. Updated <11/13/2020>. Available at: https://www.cancer.gov/types/uterine/patient/endometrial-treatment-pdq. Accessed <9/1/2021>. [PMID: 26389334]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online