Kenali Penyakit: Kandidiasis Oral

Definisi, Etiologi, dan Epidemiologi

Kandidiasis oral adalah infeksi yang terjadi di rongga mulut dikarenakan adanya abnormal jamur Candida albicans. Candida albicans merupakan flora normal dari rongga mulut, namun berbagai faktor  seperti penurunan sistem kekebalan tubuh maupun pengobatan kanker dengan  kemoterapi, dapat menyebabkan flora normal tersebut menjadi patogen. Kandidiasis mulut adalah penyakityang terjadi di rongga mulut adany lesi merah dan putih yang disebabkan oleh jamur jenis Kandida sp.  Kandidiasis oral ditemukan oleh Hipocrates pada tahun 377 SM, meneliti adanya lesi oral yang disebabkan oleh genus Kandida. Adanya  30-40% Kandida albikan pada oral orang dewasa sehat,  45% untuk neonatus, 45 hingga 65% untuk anak-anak sehat, 50 hingga 65% untuk pasien yang  memakai gigi palsu lepasan, 65 hingga 88% untuk orang yang mengkonsumsi obat-obatan  jangka panjang, 90% pada pasien leukemia, dan 95% pasien HIV/AIDS.

Faktor resiko

a. Patogenitas jamur

Ada faktor berpengaruh pada patogen dan proses infeksi. Kandida adesi, berubahnya bentuk ragi ke hifa, dan terproduksi enzim ekstrasel. Adesi yaitu proses menempelnya sel Kandida ke dinding epitel host. Berubahnya ragi menjadi hifa dengan terkait pada patogenitas dan proses terserangnnya sel host.

b. Faktor Host

Faktor host terdapat 2 bagian, factor lokal dan factor sistemik. faktor lokal yaitu terganggunya fungsi kelenjar ludah yang  dapat menurunkan jumlah saliva. Saliva dipakai untuk mengatasi adanya kandidiasis oral karena efek pembilasan antimikrobial protein yang terkandung dalam saliva sebagai pencegahan pertumbuhan berlebih oleh Candida, itu sebabnya  kandidiasis oral dapat terjadi Sjogren syndrome, radiotherapy kepala sampai leher, dengan obat obatan yang fungsinya menurunkan sekresi saliva. Selain faktor lokal,  kandidiasis dapat jugs dihubungkan keadaan sistemik, yaitu usia, diabetes, dan  HIV.

Klasifikasi dan gambaran klinik

Gambaran kandidiasis oral memliki macam pengaruh lingkungan dan interaksi organisme dengan jaringan. Dikelompokkan menjadi  tiga, yaitu :

  1. Akut, terdapat dua jenis, yaitu :

A.1 Kandidiasis Pseudomembranosus Akut

Kandidiasis pseudomembranosus atau thrush,  kandidiasis ini digunakan plak mukosa yang putih, difus, seperti beludru, terdapat sel epitel deskuamasi, fibrin, dan  hifa jamur, dapat dihapus meninggalkan permukaan merah dan kasar.dapat dilihat pada mukosa pipi, lidah, palatum lunak.

A.2 Kandidiasis Atropik Akut

Jenis ini membuat daerah permukaan mukosa oral mengelupas dan tampak sebagai bercak-bercak merah difus yang rata serta membuat pasien terasa seperti terbakar dalam mulut. Infeksi ini tdikarenakan mengonsumsi antibiotik spektrum luas.

b. Kandidiasis Hiperplastik Kronik

Infeksi jamur muncul di tepi lateral lidah dengan tanda bintik-bintik putih yang tepinya menimbul dengan daerah merah. Infeksi ini bisa lebih parah menjadi displasia berat, dan disebut (Kandida leukoplakia).

c. Median Rhomboid Glositis

Median Rhomboid Glositis yakni simetris kronis di anterior lidah hingga papila sirkumvalata, terletak di anterior sekitar dua per tiga dan posterior lidah sekitar sepertiga.

3. Keilitis Angularis

Keilitis angularis adalah infeksi karena Candida albican ada di sudut mulut, didaptkan bilateral atau unilateral. Sudut mulut yang terinfeksi terlihat memerah hingga pecah-pecah, dna sakit membuka mulut.

Pencegahan dan Pengobatan

Kandidiasis mulut yaitu penyakit mukosa mulut akibat infeksi oleh jamur Candida albicans. Sehingga upaya pencegahan yang dapat dilakukan terhadap penyakit ini yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang menjaga kehigiensian mulut. Salah satu caranya yaitu menggosok gigi 3xsehari dan setelah makan. Pada Oral orang tua kandidiasis oral juga bisa dikarenakan penggunaan gigi tiruan.

Untuk pengobatan Kandiasis oral ini bisa menggunakan obat  Nistatin, Amposterisin B, Klotrimazol, Ketokonazol, flukonazol, dan Itrakonazol(untuk Ibu Hamil)

Daftar Pustaka

https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/download/1407/1251
https://jpk.jurnal.stikescendekiautamakudus.ac.id/index.php/jpk/article/download/65/37

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online