Kenali Penyakit: Influenza

  1. Definisi

Influenza adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang meyerang tubuh pada bagian pernafasan seperti hidung, tenggorokan dan paru – paru. Sesuai dengan nama penyakitnya virus ini dikenal dengan Influenza virus. Virus ini terbagi menjadi beberapa tipe tetapi yang diketahui dapat menyerang manusia hanya pada tipe A dan tipe B. Hal menarik dari virus ini adalah dapat berevolusi atau melakukan perubahan – perubahan terhadap dirinya dengan sangat cepat sehingga dari satu tipe yang menyerang manusia akan terbagi lagi menjadi beberapa subtipe dengan gejala yang berbeda – beda. Saat ini diketahui influenza B hanya terjadi pada manusia dan pada virus influenza A juga dapat menginfeksi babi, kuda, Burung liar, terutama unggas air. Virus ini juga sangat mudah menyebar dikarenakan menyebar melalui aerosol atau droplet yang keluar dari tubuh yang terinfeksi influenza seperti saat berbicara, batuk, bersin, dan lain – lain, dan juga mampu bertahan di udara dalam waktu yang cukup lama, penularan juga dapat dengan menyentuh permukaan benda yang terdapat virus tersebut.

  • Epidemiologi

Virus ini diketahui sudah menyebar ke hampir seluruh Negara di dunia. Sudah tercatat empat pandemi influenza pada abad ke-20 yang mematikan, Ada Flu Spanyol tahun 1918 dengan kematian 20-50 juta orang, Flu Asia tahun 1957 dengan kematian 1-2 juta orang, Flu Hongkong tahun 1968 dengan kematian 700 ribu orang dan terakhir pandemi influenza A H1N1 2009. Hingga akhir pandemi 214 negara sudah melaporkan sebanyak 18.449 kematian karena influenza A H1N1 2009. virus yang beredar diketahui merupakan virus dengan berbagai macam subtipe dari tipe A dan tipe B. Terutama pada Negara – Negara tropis influenza dapat terjadi kapan saja.

  • Gejala dan penularan

Ketika virus masuk ke tubuh manusia dan menginfeksi bagian pernafasan seperti hidung, tenggorokan dan paru – paru, virus ini akan menyerang sel tubuh dan sel yang terinfeksi ini akan semakin banyak sehingga menimbulkan gejala – gejala pada penderita flu seperti demam sampai lebih dari 38 derajat C setelah 1 sampai 3 hari terinfeksi. Sakit kepala, nyeri pada tubuh atau otot, lelah, batuk, tubuh merasa lemah dan lelah, sulit bernafas, hingga kejang apabila menyerang pada anak – anak. Komplikasi juga dapat terjadi pada pasien dengan imun yang lemah, penyakit jantung, gangguan metabolisme sehingga dapat menyebabkan pneumonia bahkan kematian.

  • Pengobatan

Untuk melawan virus yang menyerang tubuh maka terapi untuk pasien yaitu dengan pengobatan antivirus untuk mencegah virus bereplikasi lebih banyak Setelah diketahui adanya infeksi oleh virus influenza. Saat ini tersedia oseltamivir oral, zanamivir inhalasi, peramivir intravena, selain itu juga harus beristirahat total, mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, dan memberi obat  sesuai dengan gejala yang dirasakan. Seperti apabila demam maka konsumsi obat pereda demam seperti paracetamol yang bisa mengurangi rasa nyeri juga.  

  • Pencegahan

Untuk mengurangi penyebaran dan resiko terkena virus influenza maka hal – hal berikut dapat kita lakukan:

  1. Mencuci tangan dengan bersih dengan mengikuti panduan WHO setelah menyentuh benda kotor atau setelah berpergian dari luar dan ketika ingin menyentuh sesuatu.
  2. Menutup mulut dengan lengan tangan saat bersin atau batuk.
  3. Bersihkan permukaan benda yang akan kita sentuh dengan disinfektan secara menyeluruh.
  4. Apabila wabah sedang berlangsung sebisa mungkin hindari keramaian, menggunakan masker dan menjaga jarak satu sama lain.
  5. Lakukan vaksinasi yang merupakan metode utama untuk membentuk antibody terhadap virus influenza yang biasanya akan dilakukan berulang karena virus yang terus berubah.

Referensi

Wright PF, Webster RG. Orthomyxoviruses. In: Fields BN, Knipe DM, Howley PM, et al., editors. Fields Virology. 4th ed. Philadelphia: Lippincott Williams and Wilkins; 2001. p. 1533 https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2928832/. Diakses pada 31 Agustus 2021

Eric J. Chow,Joshua D. Doyle,Timothy M. Uyeki. Influenza virus-related critical illness: prevention, diagnosis, treatment. Crit Care. 2019; 23: 214. Published online 2019 Jun 12. doi: 10.1186/s13054-019-2491-9 diakses pada tanggal 31 Agustus 2021

Mayo Clinic Staff. Influenza (flu). Online: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/flu/symptoms-causes/syc-20351719 diakses pada tanggal 31 Agustus 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online