Kenali Penyakit: Hipopion

Definisi Hipopion

Hipopion adalah adanya pus atau nanah steril di bilik mata depan. Bilik mata depan merupakan suatu ruangan yang terbentuk antara kornea mata dan lensa mata. Hipopion dapat terlihat sebagai endapan putih di bagian bawah bilik mata depan. Pus atau nanah steril ini berbentuk seperti endapan karena adanya gravitasi.

Pus biasanya steril karena hipopion merupakan reaksi inflamasi terhadap toksin yang dihasilkan oleh mikroorganisme lain pada bilik mata depan. Sehingga komposisi pus biasanya hanya terdiri dari sel darah putih tanpa ada mikroorganisme asing seperti virus, bakteri atau jamur.

Penyebab Hipopion

Pus di bilik mata depan biasanya berwarna putih, namun dalam beberapa keadaan hipopion dapat berwarna hijau atau kuning. Hipopion berwarna hijau biasanya disebabkan oleh bakteri Pseudomonas sedangkan hipopion berwarna kuning biasanya disebabkan oleh jamur.

Pus yang berada di bilik mata depan lebih berat daripada cairan aqueous humor yang terdapat di bilik mata depan sehingga akan menyebabkan pus mengendap di bawah. Banyak atau tidak pus dipengaruhi oleh kemampuan mikroorganisme tersebut menyerang tubuh dan daya tahan dari jaringan tubuh yang terinfeksi. Bakteri Pneumokokus, Pseudomonas, Streptokokus pyogenes dan Gonokokus biasanya dapat menghasilkan pus yang banyak dan cepat.

Hipopion juga dapat ditemukan pada ulkus fungal, hal ini dikarenakan jamur dapat menembus membran pada kornea mata dan menyebabkan infeksi pada bilik depan mata. Dibandingkan dengan jamur, bakteri dapat memproduksi pus lebih cepat daripada jamur. Sedangkan virus tidak dapat memproduksi pus sama sekali. Apabila pada infeksi virus ditemukan adanya hipopion, maka biasanya hipopion tersebut disebabkan oleh infeksi sekunder oleh bakteri.

Gejala Hipopion

  • Rasa sakit pada mata
  • Gatal
  • Fotofobia atau rasa sakit dan tidak nyaman ketika melihat cahaya terang
  • Pada beberapa kasus dapat menyebabkan gangguan penglihatan

Faktor Resiko Hipopion

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan terinfeksi hipopion seperti:

  • Riwayat infeksi pada mata seperti ulkus kornea dan uveitis anterior
  • Riwayat trauma pada mata
  • Pemakaian lensa kontak
  • Pemakaian obat tertentu
  • Riwayat operasi

Pengobatan Hipopion

Pengobatan terhadap hipopion tergantung dari berat ringannya penyakit utama yang menyebabkan hipopion. Sehingga pengobatan biasanya dilakukan sesuai dengan penyebab utama timbulnya hipopion. Kemudian dapat ditambahkan dengan siklopegik dan obat anti inflamasi. Apabila setelah pemberian obat tidak membaik maka dapat dilakukan tindakan operasi untuk mengeluarkan pus dari mata.

Referensi

Novitasari, A. 2017. BUKU AJAR: Sistim Indera Mata. Unimus Press, Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online