Kenali Penyakit: Febrile Seizures

Pengertian Penyakit

            Kejang pediatrik,termasuk kejang demam dan epilepsi-mempengaruhi 4-5% dari semua anak dan, dengan demikian, beberapa kondisi neurologis yang paling umum di masa kanak-kanak.

(https://www.thelancet.com/journals/lanchi/article/PIIS2352-4642(18)30351-1/fulltext) (The Lancet).

Febrile seizures adalah kejang pada anak yang disebabkan oleh demam. Demam sering disebabkan oleh infeksi. Kejang demam terjadi pada anak-anak muda yang sehat yang memiliki perkembangan normal dan belum pernah mengalami gejala neurologis sebelumnya.

Ini bisa menakutkan ketika anak Anda mengalami kejang demam. Untungnya, kejang demam biasanya tidak berbahaya, hanya berlangsung beberapa menit, dan biasanya tidak menunjukkan masalah kesehatan yang serius.

Anda dapat membantu dengan menjaga anak Anda tetap aman selama kejang demam dan dengan menawarkan kenyamanan sesudahnya. Hubungi dokter Anda agar anak Anda dievaluasi sesegera mungkin setelah kejang demam. (https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/febrile-seizure/symptoms-causes/syc-20372522) (Mayo Clinic).

Kami berspekulasi bahwa Febrile Seizures (kejang demam) terjadi pada beberapa anak tanpa riwayat Febrile Seizures yang diketahui tetapi tidak pernah dikenali oleh orang tua atau pengasuh.

Lebih lanjut, kejang pada anak kecil mungkin hanya menyebabkan apnea atau gejala nonmotorik lainnya yang tidak dikenali atau bersifat subklinis.Pola kejang yang serupa—apnea terisolasi—dapat diakibatkan oleh penyakit atau demam pada anak kecil yang cenderung mengalami Febrile Seizures, tetapi hal ini mungkin tetap tidak diketahui kecuali mematikan.

(https://jamanetwork.com/journals/jamanetworkopen/fullarticle/2731680?resultClick=1) (JAMA: Journal of The American Medical Association).

Penyebab Penyakit

Biasanya, suhu tubuh yang lebih tinggi dari normal menyebabkan kejang demam. Bahkan demam ringan dapat memicu kejang demam.

Infeksi, Demam yang memicu kejang demam biasanya disebabkan oleh infeksi virus, dan lebih jarang oleh infeksi bakteri. Virus flu (influenza) dan virus yang menyebabkan roseola, yang sering disertai demam tinggi, tampaknya paling sering dikaitkan dengan kejang demam. (https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/febrile-seizure/symptoms-causes/syc-20372522) (Mayo Clinic)

Penyebab kejang demam tidak diketahui, meskipun mereka terkait dengan awal suhu tinggi (demam). (https://www.nhs.uk/conditions/febrile-seizures/)

Gejala Penyakit

Biasanya, seorang anak yang mengalami kejang demam gemetar seluruh dan kehilangan kesadaran. Terkadang, anak mungkin menjadi sangat kaku atau berkedut hanya di satu area tubuh.

Seorang anak yang mengalami kejang demam dapat:

  1. Mengalami demam lebih tinggi dari 100,4 F (38,0 C)
  2. Hilang kesadaran
  3. Gemetar atau sentakan lengan dan kaki

            Kejang demam diklasifikasikan sebagai sederhana atau kompleks:

  • Kejang demam sederhana: Jenis yang paling umum ini berlangsung dari beberapa detik hingga 15 menit. Kejang demam sederhana tidak berulang dalam periode 24 jam dan tidak spesifik pada satu bagian tubuh.
  • Kejang demam kompleks: Jenis ini berlangsung lebih dari 15 menit, terjadi lebih dari sekali dalam 24 jam atau terbatas pada satu sisi tubuh anak Anda.

            Kejang demam paling sering terjadi dalam waktu 24 jam setelah timbulnya demam dan bisa menjadi tanda pertama bahwa seorang anak sakit.

Pengobatan

            Memberi bayi atau anak-anak Anda acetaminophen (Tylenol, lainnya) atau ibuprofen (Advil, Motrin, lainnya) pada awal demam dapat membuat anak Anda lebih nyaman, tetapi itu tidak akan mencegah kejang.

Berhati-hatilah saat memberikan aspirin kepada anak-anak atau remaja. Meskipun aspirin disetujui untuk digunakan pada anak-anak di atas usia 3 tahun, anak-anak dan remaja yang pulih dari cacar air atau gejala mirip flu tidak boleh mengonsumsi aspirin. Ini karena aspirin telah dikaitkan dengan sindrom Reye, suatu kondisi yang jarang namun berpotensi mengancam jiwa, pada anak-anak tersebut.

Diazepam cepat diserap melalui mulut, tidak memiliki efek samping yang serius, dan efektif dalam mencegah kekambuhan kejang demam. (https://www.nejm.org/doi/full/10.1056/NEJM199307083290202) (New England Journal of Medicine)

Referensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online