Kenali Penyakit: Disentri Amoeba (Amoebiasis)

Definisi

Disentri adalah suatu penyakit infeksi pada usus yang menyebabkan diare. Adapun disentri amoeba atau yang lebih dikenal dengan nama Amoebiasis merupakan penyakit infeksi usus yang disebabkan oleh parasit Entamoeba histolytica. Penyebaran penyakit Amoebiasis ini lebih sering dijumpai di daerah dengan tingkat sanitasi atau kebersihan yang buruk,pengolahan air yang tidak memadai, dan status sosial ekonomi yang rendah. Infeksi ini dapat terjadi ketika larva dari Entamoeba histolytica masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan ataupun minuman yang telah terkontaminasi.

Penyebab

Disentri Amoeba (Amoebiasis) dapat terjadi ketika parasit Entamoeba histolytica masuk ke dalam tubuh manusia dan menetap di usus. Adapun hal yang dapat menyebabkan manusia terinfeksi parasit Entamoeba histolytica adalah mengonsumsi makanan ataupun minuman yang telah terkontaminasi parasit tersebut dan bersentuhan dengan benda, tanah,air ataupun tinja yang terkontaminasi E.histolytica. Selain itu juga, transmisi/ penularan penyakit Amoebiasis ini dapat melalui hubungan seksual pada penderita, terutama pada homoseksual.

Faktor Risiko

Transmisi atau penularan Amoebiasis berkaitan erat dengan kebersihan pribadi/ lingkungannya dan juga kebiasaan yang dilakukan manusia. Orang yang tinggal ataupun bepergian ke tempat-tempat dengan sanitasi buruk memiliki faktor risiko terinfeksi Entamoeba histolytica. Adapun kebiasaan yang dapat berpengaruh dalam penularan dan penginfeksian Entamoeba histolytica terdiri dari :

  1. Penggunaan air yang tidak higienis

Penggunaan air yang sudah terkontaminasi oleh parasit Entamoeba histolytica untuk cuci tangan dan tanpa dimasak lagi dengan matang untuk minum dapat meningkatkan risiko transmisi parasit tersebut ke tubuh kita.

  • Penggunaan jamban yang tidak sesuai standar

Penggunaan jamban yang tidak sesuai standar sebagai jamban yang sehat ataupun tidak buang air besar di tempatnya dapat meningkatkan risiko penyebaran infeksi Entamoeba histolytica. Hal ini dikarenakan tinja yang dikeluarkan dapat mencemari lingkungan sekitar dan ditransmisikan ke orang lain yang menyentuh/tertelan tinja tersebut.

  • Kebiasaan mandi di sungai yang tercemar

Mandi di sungai yang sudah tercemar akibat masyarakat sekitar yang membuang air besar disana dapat meningkatkan risiko terinfeksi Entamoeba histolytica.

Gejala dan Tanda

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit Disentri Amoeba ini bergantung pada beratnya infeksi pada penderita dan juga lokalisasi nya. Gejala ini biasanya timbul setelah 1-4 minggu setelah kista dari parasit Entamoeba histolytica masuk ke dalam tubuh. Gejala yang paling umum dialami diantaranya adalah sering terasa ingin buang air besar,nyeri pada daerah perut kanan bawah, dan diare dengan tinja lunak,berair, dan berlendir.

Pencegahan

Dalam upaya mencegah penyakit Disentri Amoeba dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan pribadi dan juga lingkungan sekitar agar tetap sehat dan higienis. Menjaga kebersihan diri dapat dilakukan melalui rajin mencuci tangan dengan sabun dan tidak makan makanan sembarangan. Selain itu juga dapat dilakukan dengan penggunaan jamban yang baik agar tinja yang dikeluarkan tidak mencemari lingkungan dan membuang sampah pada tempatnya.

Pengobatan

Pengobatan penyakit Disentri Amoeba (Amoebiasis) dilakukan untuk membunuh parasit dan mengurangi risiko penyebaran parasit ke bagian tubuh lain ataupun penularan ke orang lain.  Pengobatan ini dapat dilakukan dengan memberikan obat-obatan seperti metronidazol,tinidazol,ornidazol, dll.

Selain itu, penderita Amebiasis dianjuran untuk banyak minum air putih dan oralit untuk menggantikan cairan tubuh yang banyak hilang akibat diare.

Referensi

Carrero, J. C., dkk. 2020. Intestinal amoebiasis: 160 years of its first detection and still remains as a health problem in developing countries. International Journal of Medical Microbiology, 310(1), 151358. https://doi.org/10.1016/j.ijmm.2019.151358

Saidin, S., Othman, N., & Noordin, R. 2019. Update on laboratory diagnosis of amoebiasis. European Journal of Clinical Microbiology and Infectious Diseases, 38(1), 15–38. https://doi.org/10.1007/s10096-018-3379-3

Zulfiqar H, Mathew G, Horrall S. Amebiasis. 2021. In: StatPearls [Internet]. Treasure       Island(FL): StatPearls Publishing; 2021 Jan–. PMID: 30137820.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online