Kenali Penyakit: Clavus

Pendahuluan

Clavus atau yang biasa dikenal dengan mata ikan adalah area penebalan yang dapat disebabkan oleh adanya tekanan dan gesekan yang terjadi berulang kali. Mata ikan paling sering ditemukan di kaki dan biasanya berbentuk bulat dengan ukuran lebih kecil daripada kapalan. Biasanya mata ikan memiliki bagian tengah yang keras, dan dikelilingi kulit yang meradang.

Penyebab

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya mata ikan, yaitu :

  1. Menggunakan sepatu yang tidak sesuai ukuran
  2. Berjalan atau berlari terlalu lama dan sering
  3. Tidak menggunakan kaos kaki ketika menggunakan sepatu
  4. Memiliki kelainan bentuk jari, seperti hammertoe dan bunion
  5. Tidak menggunakan sarung tangan saat menggunakan alat yang melakukan suatu gerakan gesekan
  6. Penderita obesitas

Gejala
Gejala yang ditimbulkan dari penyakit kulit mata ikan, yaitu:

  1. Rasa tidak nyaman pada kaki atau tangan
  2. Timbul benjolan kecil dan keras yang terasa nyeri saat beraktivitas

Pengobatan

Apabila penyakit mata ikan tidak menyebabkan gejala lain dan tidak mengganggu kegiatan sehari-hari, penyakit kulit tersebut dapat sembuh dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Apabila mata ikan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan nyeri, penderita dapat melakukan pengobatan sendiri dirumah, yaitu:

  1. Menutupi tangan atau kaki yang terdapat mata ikan dengan kapan, plester, atau busa agar terlindung dari gesekan yang dapat memperparah penyakit kulit tersebut.
  2. Mengolesi mata ikan dengan krim yang mengandung asam salisilat yang dianjurkan oleh apoteker agar kulit yang menebal cepat mengelupas
  3. Untuk mengurangi ukuran clavus, penderita dapat melakukan merendam kaki atau tangan yang terdapat clavus dalam air hangat

Apabila mata ikan tidak kunjung sembuh setelah melakukan pengobatan sendiri dirumah, maka penyakit kulit tersebut memerlukan peran dokter dan penangan medis jika penderitanya memiliki kondisi lain yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi lainnya. Adapun penangan yang biasanya dilakukan oleh dokter, yaitu :

  1. Penipisan lapisan kulit dengan pisau bedah dan menghilangkan inti clavus
  2. Pemberian obat-obatan yang dapat menghilangkan mata ikan
  3. Pemberian saran menggunakan bantalan khusus di sepatu
  4. Merekomendasikan melakukan operasi

Daftar Pustaka

Pennycook, Kevin M., and Tess A. McCready. “Clavus.” PubMed, StatPearls Publishing, 2021, www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK546598/. Accessed 30 Agustus. 2021.

Rodríguez-Sanz D, Tovaruela-Carrión N, López-López D, Palomo-López P, Romero-Morales C, Navarro-Flores E, Calvo-Lobo C. Gangguan kaki pada orang tua: Tinjauan mini. Hari Senin 2018 Maret; 64 (3):64-91.

Poulin EA, Swartz AW, O’Grady JS, Kersten MPM, Angstman KB. Prosedur Kantor Esensial untuk Pasien Medicare di Perawatan Primer: Perbandingan Dengan Pelatihan Residensi Kedokteran Keluarga. Kedokteran Keluarga. 2019 Juli; 51 (7):574-577.

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online