Kenali Penyakit: Breast Engorgement (Galaktokel)

Pembengkakan payudara (breast engorgement) bisanya terjadi pada masa pasca persalinan dini (nifas dan laktasi). Pembengkakan ini bisanya disebut juga bendungan asi yang terjadi akibat pembendungan air susu yang disebabkan penyempitan ductus laktiferus oleh kelenjar yang tidak dikosongkan secara sempurna. Biasanya pada saat ini terjadi payudara akan terasa panas, sakit, tegang, nyeri saat diraba, dan tegang.

            Masalah pembengkakan payudara pada ibu menyusui sering kita temukan pada masyarakat, tetapi biasanya masalah ini tidak terlalu dipehatikan karena dianggap sakit yang timbul pada payudara merupan sakit yang biasa. Dari hasil survei Demograsi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) yang dilakukan tahun 2008-2009 didapatkan data bahwa 55% ibu menyusui mendapatkan lecet pada putting susu dan masnitis yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan ibu tentang perawatan payudara selama kehamilan sampai masa menyusui (Subujaktosaja, 2011)

            Pembengkakan payudara dapat menjadi indikasi dari penyakit payudara, dalam artikel ini saya akan berfokus kepada galaktokel.

            Galaktokel merupakan kista yang terjadi pada payudara yang berisi air susu yang diakibatkan oleh sumbatan ductus. Pristiwa ini dapat terjadi pada masa menyusui dan tetapi lebih sering terjadi saat beberapa bulan setelah menyusui, penyebab pristiwa ini masih belum jelas, tetapi laktasi adalah point penting dalam hal ini. Galaktokel diyakini terdapat factor yang melatarbelakangi ini yaitu Galaktokel terbentuk dengan adanya kista yang terhubung dengan saluran yang berisi air susu ibu, tetapi terjadi pemblokade terhadap penyaluran air susu sehingga air susu terperangkap

            Galaktokel merupakan benjolan paling sering selama masa menyusui gejalanya adalah ditemukan benjolan di payudara yang paling sering adalah dibagian saluran duktus dan ketika dipegang tidak nyeri, smooth, mobile, konsistensinya padat, dan batas tegas. Gejala ini dapat dirasakan sendiri dengan cara saat mandi dipancuran sedikit sabun dan air meningkatkan perabaan dan harus diperiksa secara keseluruhan biasanya dimulai di tepi dan dilakukan ke arah puting susu dalam cara melingkar sampai menyerupai jari-jari.

            Ketika galaktokel teraba maka segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik dan lakukanlah pemeriksaan penunjang dengan cara USG payudara dan aspirasi untuk kultur dan pemeriksaan sitologi.

            Terapi yang diberikan pada penyakit ini adalah

  • Jika tidak memberikan gelaja dan ukuran tidak terlalu besar maka hanya di observasi dan biasanya akan menghilang sendiri
  • Jika memberikan gejala maka lakukan masase + pompa ASI
  • Pemakaian bra yang sesuai dan Ice packs juga dapat meredakan keluhan
  • Pengambilan cairan dengan alat penghisap untuk keperluan diagnosis juga biasanya dilakukan beberapa kali
  • Jika terjadi infeksi maka disarankan untuk aspirasi ataupun pemasangan drainase
  • Ketika terbentuk kapsul maka lakukanlah eksisi

Daftar Pustaka:

Sabiston C . David , Buku Ajar Bedah Sabiston (alih bahasa : Andrianto P &Timan I.S) , 2011 . Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Suprayitno, E., Pratiwi, I. G. D., & Yasin, Z. (2018). Gambaran Penyebab Terjadinya Pembengkakan Payudara Pada Ibu Menyusui Di Polindes Desa Meddelen Kecamatan Lenteng. Wiraraja Medika: Jurnal Kesehatan8(1), 13-18.

Suyatno, S. (2015). PERAN PEMBEDAHAN PADA TUMOR JINAK PAYUDARA. Majalah Kedokteran Andalas38, 12-27.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online