Kenali Penyakit : Bradikardia

Pengertian

Bradikardia merupakan kondisi ketika jantung berdetak lebih lambat dari kondisi normal. Detak jantung pada pada orang dewasa ketika sedang beristirahat normalnya adalah 60-100 kali per menit. Sedangkan jantung penderita bradikardia berdetak di bawah 60 kali per menit, di bawah kisaran detak jantung normal.

Penyebab

Kemungkinan terjadi bradikardia dapat meningkat seiring bertambahnya usia, meskipun itu berlaku untuk sebagian besar kondisi jantung.  Penyebab bradikardia bersifat sangat variatif dari satu orang ke orang lain. Irama abnormal pada jantung dapat muncul setelah serangan jantung ataupun sebagai efek samping dari operasi jantung.  Hal-hal lain yang dapat menyebabkannya:

  • Obat-obatan tertentu, seperti untuk mengobati tekanan darah tinggi dan aritmia lainnya, atau detak jantung yang tidak normal
  • Cacat bawaan, atau masalah yang Anda alami sejak lahir
  • Penyakit tiroid, ketidakseimbangan hormon dalam tubuh
  • Apnea tidur obstruktif, ketika pernapasan Anda berhenti beberapa kali sepanjang malam

Anda mungkin juga merasa mudah lelah bahkan hanya dengan sedikit aktivitas. Jika detak jantung Anda diperiksa secara teratur dan hasilnya di bawah 60 detak per menit, waspadai gejala-gejala tersebut. Jika Anda tidak memiliki gejala lain, Anda mungkin cukup melakukan banyak berolahraga karena detak jantung yang lambat bisa menjadi tanda seberapa bugar Anda.

Gejala

Hal yang dikhawatirkan adalah jantung Anda tidak cukup baik dalam memompa darah ke semua organ dan jaringan yang membutuhkannya.  Ketika ini terjadi, maka dapat menimbulkan hal-hal seperti:

  • Sakit kepala ringan atau pusing
  • Kebingungan atau sulit berkonsentrasi
  • Pingsan
  • Sesak napas (disertai atau tanpa nyeri dada)
  • Mudah lelah saat beraktivitas fisik

Diagnosis

Bradikardia mungkin agak sulit diketahui oleh dokter, karena tidak selalu muncul setiap saat.  Jantung Anda bisa masuk dan keluar dari ritme yang lambat. Dokter Anda akan dapat membuat diagnosis jika Anda mengalami serangan bradikardia selama tes yang disebut elektrokardiogram.  Sering disebut EKG, ini adalah cara untuk mengukur sistem kelistrikan jantung Anda. Jika detak jantung Anda tampak normal, tetapi Anda memiliki gejala bradikardia, dokter Anda mungkin meminta Anda memakai monitor 24 jam. Dokter Anda akan bertanya tentang riwayat kesehatan pribadi juga riwayat kesehatan keluarga Anda, beserta gejala apa pun yang Anda alami.

Pengobatan

Jika hasil keputusan dokter menyatakan bahwa Anda menderita bradikardia, maka rencana perawatan akan didasarkan pada kemungkinan penyebab masalahnya. Misalnya, jika penyebabnya adalah hipotiroidisme, atau fungsi tiroid yang rendah, maka diberi pengobatan yang dapat mengatasi masalah detak jantung.

 Jika tidak terdapat penyebab fisik yang jelas, dokter mungkin akan mengganti obat yang memungkinkan untuk memperlambat jantung Anda.  Beta blocker terkadang diresepkan untuk mengendurkan otot jantung Anda.  Tetapi jika itu menyebabkan Anda memiliki detak jantung yang sangat lambat, dokter Anda mungkin menurunkan dosisnya atau memberi Anda obat yang berbeda.  Jika pendekatan ini juga tidak berhasil dan kondisi Anda dinilai cukup serius untuk membahayakan otak dan organ lain, Anda mungkin memerlukan alat pacu jantung.

 Seorang ahli bedah akan memasukkan perangkat kecil ini ke dalam dada Anda.  Alat pacu jantung memiliki kabel tipis dan fleksibel, yang disebut lead, yang memanjang ke jantung. Mereka membawa muatan listrik kecil yang membantu menjaga jantung memompa pada tingkat yang stabil. Jika Anda telah diberi alat pacu jantung, dengarkan instruksi dokter Anda tentang cara kerjanya dan tanda apa pun yang mungkin tidak berfungsi.

Referensi

American College of Cardiology. (2018). ‘2018 Guideline for the Bradycardia (Slow Heart Rate).Diakses 28 Agustus 2021, dari  http://www.acc.org  

Godman, H. (2020). What Is Bradycardia?.WebMD. Diakses 28 Agustus 2021, dari http://www.webmd.com/heart-disease/atrial-fibrillation/bradycardia

Medicine J.H. (2016). Bradycardia. Johns Hopkins Medicine. Diakses 28 Agustus 2021, dari https://www.hopkinsmedicine.org/heart_vascular_institute/conditions_treatments/conditions/bradycardia.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online