Kenali Penyakit: Berbahayakah Hepatitis A?

Hepatitis A merupakan infeksi yang menyebabkan peradangan pada organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV) dan sangat mudah untuk menular. Penularan virus ini melalui fekal-oral atau bisa didefinisikan sebagai rute di mana patogen berupa virus hepatitis A keluar melalui tinja seseorang yang sakit lalu bisa masuk ke mulut manusia lain yang belum pernah imunisasi hepatitis A maupun terkena hepatitis A. Selain dari tinja, virus juga bisa ditransmisikan dari air liur, serta makanan yang tidak bersih karena sudah terinfeksi virus oleh penderita.

            Gejala yang dialami oleh penderita hepatitis A dapat berupa demam, lelah, lesu, nafsu makan berkurang, diare, tidak nyaman pada perut, urin berwarna gelap, dan jika sudah fatal dapat menimbulkan gejala kuning pada mata maupun kulit. Gejala ini relatif ringan dan bisa hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Gejala hepatitis A tidak berbeda jauh dengan kasus hepatitis akut jenis lainnya sehingga untuk memastikan adanya hepatitis A dengan jelas, maka bisa dengan mendeteksi antibodi imnoglobin G (IgM) HAV di dalam darah.

            Faktor-faktor risiko terkenanya HAV ini dapat berupa sanitasi yang tidak baik, kekurangan air bersih, tinggal serumah dengan orang yang terinfeksi, berpergian ke daerah yang endemitas tinggi tanpa imunisasi, berhubungan seksual dengan orang yang terinfeksi hepatitis A. Maka dari itu, pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan, seperti makan makanan yang bersih, lingkungan yang bersih, mencuci tangan sebelum makan, serta dapat melakukan imunisasi.

            Tidak ada pengobatan secara khusus untuk mengobati hepatitis A karena gejala dapat hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu atau bulan. Jika rasa tidak nyaman dari gejala terjadi, maka dapat diobati sesuai gejala yang muncul, misalnya terjadi nyeri perut, maka dapat dilakukan kompres air panas sehingga nyeri berkurang.

Sumber:

Hepatitis A. 2021. World Health Organization.

Hepatitis A. 2020. Mayo Clinic.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online