Kenali Penyakit: Bakteremia

Bakteremia merupakan sebuah kondisi ditemukannya organisme hidup baik pathogen ataupun tidak di dalam darah. Diagnosis tersebut didukung dengan pengecekkan laboratorium yang menngasilkan nilai positif pada kultur darah. Pada umumnya kondisi dari Bakteremia ini berbeda-beda dimana terkadang ditemukan tanpa gejala ataupu dengan gejala sedang hingga parah. Organisme yang pada umumnya ditemukan pada darah dapat bersifat sementara, intermitten atau hilang muncul ataupun muncul secara terus menerus. Kondisi Bakteremia ini jika terus berlangsung dan jumlah dari mikroorganisme yang semakin banyak maka dapat memicu berbagai masalah seperti sepsis yaitu respon system imun tubuh dimana terjadinya inflamasi. Pathogen yang dapat mempengaruhi dan masuk kedalam tubuh ada beberapa jenis dan pada umumnya dapat dibedakan menjadi bakteri gram negative, bakteri gram positif. Namun di negara berkembang pada umumnya bakteri seperti E. coli, Pseudomonas sp, streptococcus pneumoniae dan Streptococcus pyogenes.

Indonesia merupakan sebuah negara tropis, dimana merupakan kondisi ideal untuk pertumbuhan dan perkembangan dari bakteri pathogen, ditambah lagi tingkat sanitasi dari Indonesia masih cukup rendah, membuat kemungkinan terjadinya infeksi menjadi lebih tinggi, karena itu kebersihan diri sudah seharusnya ditingkatkan mulai dari cara cuci tangan, membersihkan kaki Ketika pulang kerumah dan selalu mencuci barang yang digunakan setiap hari. Kebiasaan ini haruslah dibiasakan terutama terhadap anak-anak karena biasanya anak-anak kerap bermain keluar dan jarang untuk melakukan pembersihan diri yang benar

Pengobatan dari terjadinya bakteremia sendiri bergantung kepada jenis mikroba yang meninvasi dan tingkat keparahaannya, dan biasanya diberikan antibiotik. Namun penegakkan diagnosis dari bakteremia haruslah dilakukan dengan pemeriksaan laboratorium untuk menentukan mikorba apa yang men invasinya.

Bakteremia kerap kali ditemukan dengan beberapa gejala yang muncul seperti demam,pusing, menggigil, terkadang jantung yang berdebar,peningkatan frekuensi pernafasan, dan terkadang ruam di sekitar rubuh

referensi

Nugroho, Susanto. “Parameter Bakteremia pada Anak dengan Keganasan dan Demam Neutropenia.” Jurnal Kedokteran Brawijaya 26.2 (2013): 113-116.

Mohee, A.R., Gascoyne-Binzi, D., West, R., Bhattarai, S., Eardley, I. and Sandoe, J.A., 2016. Bacteraemia during transurethral resection of the prostate: what are the risk factors and is it more common than we think?. PloS one11(7), p.e0157864.

Schulman, J. Healthline (2019). Everything You Want to Know About Bacteremia.
Bennett, N. Medscape (2018). Bacteremia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online