Kenali Penyakit: Atrial Fibralis

Fibrilasi atrium merupakan  jenis ritme pada jantung yang paling umum. Hal ini karena aktivitas listrik abnormal di dalam atrium jantung sehingga mengalami detak jantung sering cepat. Detak jantung yang sering cepat bisa (kurang dari tujuh hari) atau (lebih dari tujuh hari). Karena ketidakteraturan ritmenya, aliran darah melalui jantung menjadi terganggu dan berpeluang besar membentuk trombus (bekuan darah), yang pada akhirnya bisa terlepas dan menyebabkan stroke. Fibrilasi atrium  merupakan faktor utama stroke pada jantung. Usia lanjut, tekanan darah tinggi, penyakit jantung bawaan, peningkatan konsumsi alkohol, penyakit jantung dan paru-paru merupakan faktor resiko untuk fibrilasi atrium. Biasanya gejala yang diberikan sangat bervariasi dari tanpa gejala hingga gejala seperti nyeri dada, palpitasi (jantung berdegup dengan kencang), detak jantung cepat, sesak napas, mual, pusing, diaforesis (berkeringat parah), dan kelelahan. Berbagai perawatan dan strategi modifikasi resiko telah dikembangkan untuk membantu mengurangi resiko stroke pada pasien yang menderita fibrilasi atrium.

Ketika seseorang memiliki fibrilasi atrium detak normal di ruang atas jantung (dua atrium) tidak teratur dan darah tidak mengalir sebagaimana mestinya dari atrium ke ruang bawah jantung (dua ventrikel) . Fibrilasi atrium dapat terjadi dalam waktu singkat atau mungkin kondisi permanen Perawatan untuk fibrilasi atrium mencakup obat-obatan untuk mengontrol ritme dan detak jantung, obat pengencer darah untuk mencegah pembentukan gumpalan darah dan mengurangi resiko stroke, operasi , dan perubahan gaya hidup sehat untuk mengelola faktor resiko fibrilasi atrium.

Daftar Pustaka

CDC (2020). Atrial Fibrillation. [online] Centers for Disease Control and Prevention. Available at: https://www.cdc.gov/heartdisease/atrial_fibrillation.htm.

Zeid Nesheiwat, Amandeep Goyal and Mandar Jagtap (2019). Atrial Fibrillation (A Fib). [online] Nih.gov. Available at: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK526072/.

Mayo Clinic (2019). Atrial fibrillation – Symptoms and causes. [online] Mayo Clinic. Available at: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/atrial-fibrillation/symptoms-causes/syc-20350624

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online