Kenali Penyakit: Artritis Gout Akut

Artritis merupakan suatu kondisi peradangan pada sendi yang dapat bersifat akut ataupun kronis. Gout merupakan salah satu tipe artritis yang paling umum. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit pada sendi. Artritis gout ini sering ditemukan pada sendi tungkai, lutut, dan kaki. Keadaan ini secara umum akan muncul pada pria diatas 40 tahun dan wanita yang telah mengalami menopause.

Artritis gout dapat timbul karena penumpukan asam urat hasil dari pemecahan suatu protein, yaitu purin, dari makanan maupun dari tubuh manusia itu sendiri. Purin merupakan suatu jenis protein yang normal bila terdapat di tubuh manusia. Selain itu, makanan tertentu juga dapat mengandung protein tersebut, seperti daging, seafood, dan steak. Namun, apabila terjadi peningkatan asam urat, maka akan terbentuk suatu masssa berbentuk seperti kristal yang tajam seperti jarum pada sendi-sendi sehingga dapat menimbulkan pembengkakan dan rasa sakit yang tiba-tiba dan parah.

Selain disebabkan oleh pola makan, gout juga dapat timbul karena pengaruh genetik. Risiko gout juga dapat meningkat dipengaruhi dengan penyakit lainnya, seperti diabetes, obesitas, tekanan darah tinggi, gagal jantung kongesti, sindrom metabolik, serta fungsi ginjal yang menurun. Selain itu, mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat memperparah kondisi gout, seperti obat-obatan diuretik. Risiko terjadinya gout pada pria pun ditemukan lebih tinggi daripada risiko gout pada wanita. Semakin bertambahnya umur juga dapat meningkatkan risiko terjadinya gout.

Gejala yang dapat timbul dari artritis gout dapat berupa rasa sakit yang parah, pembengkakan pada sendi, kemerahan pada sendi, serta sensasi panas pada sendi. Rasa sakit, kemerahan, serta sensasi panas terjadi karena adanya pembengkakan pada sendi.

Pada kondisi artritis gout akut, ada beberapa tindakan pertama yang dapat dilakukan untuk meredakan rasa sakit yang timbul karena serangan gout akut sebelum pergi ke dokter, antara lain dengan menempelkan es ke sendi yang bengkak serta minum air mineral yang banyak. Artritis gout akut dapat diredakan dengan beberapa jenis obat, seperti nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAIDs), corticosteroids, dan colchicine. Ketika serangan gout akut sudah mereda, akan ada beberapa obat yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi kadar asam urat, seperti allopurinol, febuxostat, probenecid, atau pegloticase. Selain berusaha merawat artritis gout dengan obat, proses penyembuhan dan pencegahan juga dapat dibantu dengan memperbaiki gaya hidup, seperti menjaga makan dari makanan tinggi purin, menerapkan gizi seimbang, merutinkan aktivitas fisik, serta mengontrol berat badan.

Daftar Pustaka

Gout. Gout | Arthritis Foundation. (n.d.). https://www.arthritis.org/diseases/gout.

Centers for Disease Control and Prevention. (2020, July 27). Gout. Centers for Disease Control and Prevention. https://www.cdc.gov/arthritis/basics/gout.html#signssymptoms.

Senthelal, S. (2021, August 11). Arthritis. StatPearls [Internet]. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK518992/.

Fenando, A. (2021, August 14). Gout. StatPearls [Internet]. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK546606/.

Inflammatory conditions: The difference between gout and arthritis. Dr. Arthritis Compression Sleeves & Gloves. (2019, December 11). https://www.doctorarthritis.org/inflammatory-conditions-difference-gout-arthritis#:~:text=According%20to%20Dr.%20Ginny%20Sugimoto%20there%20are%20more,Daily%20Food%20Intake%20Can%20Worsen%20or%20Mitigate%20Gout.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online