Kenali Penyakit: Artikel Skleritis

Skleritis merupakan peradangan yang terjadi pada sklera yang ditandai dengan adanya inflitrasi seluler pada bagian putih dari bola mata atau lapisan yang melindungi mata, kerusakan kolagen, dan perubahan vaskuler. Pada bagian depan sklera atau bagian belakang sklera merupakan lokasi tempat terjadinya peradangan.

Penyebab dari skleritis sendiri sering dikaitkan dengan adanya infeksi sistemik pada suatu penyakit autoimun yang dimana sistem dari pertahanan tubuh orang tersebut menyerang jaringannya sendiri. Skleritis juga sering terjadi karena adanya proses inflamasi yang dapat meluas sehingga melibatkan struktur yang berada disekitarnya seperti sklera ataupun kornea.

Untuk gejala dari skleritis sendiri biasanya terjadi rasa nyeri berat yang menyebar ke dagu, alis, dan dahi. Akibat dari rasa nyeri ini terkadang dapat membangunkan seseorang dari tidurnya jika penyakit ini kambuh. Penekanan yang dilakukan pada bulbus okuli dan pergerakan bola mata juga dapat memperparah dari rasa nyeri tersebut. Selain itu, skleritis juga memiliki tanda-tanda yang menunjukkan bahwa seseorangg mengalami skleritis yaitu, terasa nyeri pada mata, penglihatan atau pandangan seseorang menjadi kabur, sensitif bila terkena cahaya, mata berwarna merah, dan terdapat tonjolan kecil pada bagian putih dari bola mata.

Pengobatan pada skleritis juga dapat dilakukan pengobatan pada skleritis yang tidak infeksius yaitu NSAIDs, kortokosteroid, atau obat imunomodulator dapat digunakan. Pengobatan ini tergantung dari keparahan skleritis, efek samping, juga penyakit lainnya. Pada pengobatan pada skleritis yang infeksius yaitu, pengobatan yang sistemik dengan atau tanpa antimicrobial tropical yang dapat digunakan. Selain itu, kortokosteroid dan imunosupresif tidak bisa digunakan. Terakhir lakukan konsultasi kepada ahli penyakit dalam agar dilakukan pengawasan terhadap penyakit tersebut.

Daftar Pustaka

Douglas A. J, Abdulbkhi M, J.P. DUNN and Martha J.M. Episcleritis and Scleritis: Clinical Features and Treatment Results. Ophthalmol 2000;130;469-476

Eva PR. Sklera. Dalam : Vaughan DG, Asbury T, Riordan-Eva P, Suyono J, editor. Oftalmologi Umum Edisi 14. Jakarta: EGC, 2000. 169-73

Ilyas, S. Ilmu Penyakit Mata Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Penerbit FK UI, 2008. 118-120

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online