Kenali Penyakit: Artikel Faringitis Akut

Apa Itu Faringitis Akut?

            Faringitis akut merukapan penyakit yang sering kali kita jumpai di masyarakat terutama pada anak-anak walaupun dapat juga terjadi di semua umur. Faringitis akut ini menyebabkan terjadinya sakit tenggorokan yang membuat penderitanya menjadi kurang nyaman (Nyeri pada tenggorokan akibat peradangan) yang dimana hal tersebut diakibatkan karena adanya peradangan ternggorokan yang bersifat mendadak dan cepat memberat bila tidak ditangani secara benar dan cepat. Setiap tahunnya, didapatkan data kasus faringitis akut ini, hampir 45 juta orang yang mengunjungi pusat pelayanan kesehatan yakni anak-anak dan juga dewasa yang dimana umumnya mengalami 3-5 kali infeksi virus pada saluran pernafasan atas termasuk kasus faringitis akut ini.

            Faringitis akut ini bisa diakibatkan karena terjadinya infeksi pada faring yang disebabkan oleh bakteri maupun virus. Didapatkan data, bahwa bakteri berkontribusi 5-40% dan virus 40-60%, serta alergi, trauma, dan iritan merupakan yang menyebabkan terjadinya peradangan dinding faring berat (Faringitis akut). Faringitis akut ini dapat menular ke orang lain melalui kontak dari secret ludah dan hidung (Droplet Infection) dari orang yang sedang menderita faringitis.

Penyebab Faringitis Akut

            Seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi, sebagian besar dari kasus faringitis akut ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus. Bakteri yang menyebabkan penyakit ini biasanya adalah bakteri Streptococcus Beta hemolyticus grup A, Streptococcus viridians dan Streptococcus piogenes. Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh infeksi virus seperti virus influenza dan adenovirus. Selain itu bisa juga karena toksin, alergi, bahkan cedera (Namun jarang terjadi).

            Pada kasus faringitis akut yang disebabkan karena infeksi bakteri atau virus, biasanya kuman yang masuk kedalam tubuh kita (Terutama tenggorokan), kuman tersebut berusaha untuk merusak lapisan tenggorokan sehingga menimbulkan reaksi radang/inflamasi. Khusus untuk pada kasus faringitis akut yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus beta hemolyticus grup A, selain menimbulkan reaksi radang di tenggorokan, tatapi juga dapat menyebabkan gangguan sistem imun tubuh yang dimana dapat mengakibatkan sistem imun tubuh dapat merusak katup jantung dan/atau ginjal.

            Bakteri atau virus yang dapat menyebabkan penyakit faringitis ini umumnya menyerang bagian faring melalui penularan dari udara jika penderita berkontak dalam jarak dekat dengan orang yang sedang mengalami faringitis yang dimana biasanya berupa kontak dari secret ludah dan hidung (Droplet Infection).

Gejala Faringitis Akut

            Faringitis akut biasanya memiliki gejala utama berupa batuk atau pilek. Kita ketahui bahwa biasanya kasus faringitis akut ini disebabkan oleh virus maupun bakteri. Faringitis akut yang disebabkan karena infeksi virus biasanya ditandai dengan gejala batuk pilek yang muncul secara mendadak dan biasanya disertai dengan demam juga. Jika virus yang menginfeksi adalah Adenovirus maka biasanya gejala yang muncul selain faringitis terjadi juga infeksi pada selaput baning mata (Konjungtiva) yang dimana di tandai dengan mata berair, memerah, dan terasa gatal sehingga membuat tidak nyaman.

            Selain disebabkan oleh virus, Faringitis akut ini juga bisa disebabkan oleh bakteri yakni bakteri Streptococcus beta hemolyticus grup A. Pada kasus ini, biasanya gejala batuk itu tidak ada, namun gejala yang biasanya timbul adalah seperti sakit kepala, susah menelan, dan pilek. Selain itu, bisa juga terjadi muntah-muntah atau bahkan adanya pembesaran kelenjar getah bening di daerah leher.

Pengobatan Faringitis Akut

            Pengobatan faringitis akut harus dilakukan secara segera yang dimana bertujuan untuk meredahkan gejala dan keluhan, mengatasi infeksi dari faringitis tersebut dan juga untuk mencegah terjadinya komplikasi yang bahkan bisa lebih buruk lagi. Ada dua langkah penanganan yang bisa dilakukan seperti penanganan mandiri dan juga dengan pemberian obat-obatan.

            Berikut ini merupakan perawatan secara mandiri yang dapat membantu dalam mengatasi ketidaknyamanan jika sedang mengidap faringitis akut :

  1. Jangan merokok, karena hal ini akan memperparah kondisi faringitis.
  2. Hindari memakan makanan yang pedas, panas, dan berminyak.
  3. Minum cairan lebih banyak untuk melegakan tenggorokan.
  4. Perbanyak minum minuman hangat.

            Selain perawatan mandiri tersebut, pengidap faringitis akut juga bisa mengkonsumsi obat-obatan yang membantu meredahkan rasa sakit dan nyeri pada tenggorokan. Bagi pengidap faringitis akut yang disebabkan oleh infeksi bakteri, biasanya dokter akan meresepkan antibiotik guna melawan bakteri penyebab infeksi. Penting bagi pengidap faringitis akut untuk meminum antibiotik sampai habis sesuai anjuran dokter guna mencegah infeksi kambuh kembali. Pengidap faringitis akut juga dianjurkan untuk beristirahat di rumah dan minum air yang cukup.

Sumber Kajian

Triadi, D.A., Sudipta, I.M. 2020. “Karakteristik kasus faringitis akut di Rumah Sakit Umum Daerah Wangaya Denpasar periode Januari – Desember 2015”. Intisari Sains Medis 11(1): 245-247. DOI: 10.15562/ism.v11i1.349

Ida, Silvana, Entris. “Evaluasi Penggunaan Antibiotik pada Pasien Faringitis Di Suatu Rumah Sakit Di Kota Bandung”. Jurnal Farmasi Galenika Volume 02 No. 01, Bandung : Sekolah Tinggi Farmasi Bandung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online