Kenali Penyakit: Abses Folikel Rambut dan Kelenjar Sebasea

Folikel rambut merupakan struktur kulit dimana rambut akan tumbuh. Folikel rambut berada hampir diseluruh bagian tubuh kecuali bibir,telapak tangan, dan telapak kaki, sedangkan Kelenjar sebasea biasa dikenal dengan kelenjar minyak berfungsi untuk menghasilan minyak alami (sebum).

Abses folikel rambut dan kelenjar sebasea yaitu suatu keadaan dimana adanya pus(nanah) pada folikel rambut dan kelenjar sebasea yang akibatkan oleh peradangan dan inflamasi. Folikulitis,furunkel,dan karbunkel merupakan penyakit yang dapat menyebabkan abses folikel rambut dan kelnjar sebasea.

Folikulitis adalah peradangan yang mengenai folikel rambut. Staphylococcus aureus adalah penyebab dari folikulitis. Biasanya timbul bitnik-bintik kecil seperti jerawat dikulit, benjolan berisi nanah, dan kulit terasa perih dan nyeri.

Furunkel juga merupakan peradangan pada folikel rambut dan sekitarnya. Staphylococcus aureus juga penyebab dari penhyakit ini. Furunkel biasanya timbul pada daerah yang lembab dan lipatan seperti leher, wajah, aksila (ketiak), dan bokong.

karbunkel adalah sekelompok furunkel atau bisul yang saling berhubungan di bawah kulit kalau dibandingkan dengan furunkel, karbunkel infeksi yang lebih parah karena ukuran yang lebih besar, terasa sakit, dan timbul pada lapisan kulit yang lebih dalam.

Pencegahan untuk abses folikel rambut dan kelenjar sebasea sangat mudah, yaitu dengan cara menjaga kulit agar selalu bersih dan lembap, hindari pakaian yang ketat , jangan pakai alat pribadi orang lain seperti handuk dan pakaian yang tidak terjamin kebersihanya, dan yang penting selalu mandi dengan bersih mengunakan sabun dan shampoo.

Pengobatan untuk abses folikel rambut dan kelenjar sebasea tergantung pada keparah an penyakit tapi biasanya dokter akan memberikan antibiotic seperti diklosaksilin 250-500 mg 4 kali sehari selama 7 hari dan terapi seperti insisi dan drainase.

Refrensi:

Hargo, A 2019, Buku Ajar Ilmu Kedokteran & Kelamin, Universitas Kristen Indonesia, Jakarta.

Miller, Lloyd S. Superficial Cutaneous Infection. Fitzpatrick’s Dermatology 9th Ed. Mc Graw Hill education. 2019: 2719-45

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X
Selamat Datang di Chat Dokter Online
Selamat Datang di Chat Dokter Online