Komorbiditas Pada Pasien Covid-19, Apa Maksudnya?

Virus Covid-19 telah menyebabkan krisis kesehatan global dengan lebih dari 180 negara terdampak. Virus yang telah bermutasi menjadi beberapa varian yakni Alpha, Beta, Gamma, dan Delta ini mampu menimbulkan gejala seperti batuk dan pilek, bronkitis, pneumonia, gangguan pernapasan akut, kegagalan kerja organ tubuh, hingga kematian bagi penderitanya. Dalam beberapa kasus, komorbiditas pada pasien meningkatkan resiko dan memperparah gejala tersebut. Namun, tahukah anda apa itu komorbiditas dan berbahayakah kondisi ini bagi pasien yang menderita Covid-19?

Komorbiditas atau komorbid adalah penyakit penyerta kronis selain penyakit utama yang diderita, dalam kasus ini penyakit penyerta pada pasien Covid-19. Pasien komorbid pada umumnya memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, sehingga lebih rentan terjangkit virus Covid-19. Gejala yang tampak juga jauh lebih parah dan berbahaya dibandingkan dengan pasien tanpa penyakit penyerta, misalnya timbul sesak nafas, pneumonia, dan gangguan pernapasan kronis lainnya. Tak hanya itu, terdapat peningkatan signifikan terhadap resiko kematian bagi pasien Covid-19 dengan kondisi ini.

Adapun contoh-contoh penyakit penyerta kronis yang dimaksud antara lain :

  1. Gangguan Pernapasan Kronis (Asma dan COPD)
  2. Penyakit Kardiovaskular (Gagal jantung, jantung koroner, stroke, dan lain-lain)
  3. Obesitas
  4. Diabetes
  5. Hipertensi, dan penyakit penyerta lainnya.

Mengingat kelompok ini sangatlah rentan terpapar virus Covid-19, langkah pencegahan haruslah diterapkan. Mencuci tangan dengan sabun, disinfeksi barang dan permukaan yang sering disentuh, menjaga jarak atau social distancing, menggunakan masker saat keluar rumah, dan menjalankan pola hidup dan makan yang sehat merupakan beberapa protokol yang dapat diterapkan guna mengurangi resiko penularan Covid-19.

Daftar Pustaka

1)       Sanyaolu, Adekunle, dkk. 2020. Comorbidity and its Impact on Patients with COVID-19. Abuja: SN Comprehensive Clinical Medicine.

See also  Meditasi di Tengah Kesibukan Anda

2)       Hermina Hospitals, 2020. COVID-19 Comorbid Disease That Can Be Fatal.

3)       CDC, 2021.What You Need to Know about Variants https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/variants/variant.html