Latihan Kardio Di Tengah Pandemi

Memperkuat Imun Tubuh saat Pandemi

Wabah virus Covid-19 masih merajalela di 150 negara di seluruh dunia termasuk Indonesia. Menurut https://covid19.go.id/, di Indonesia sendiri sudah tercatat sebanyak 4.079.267 kasus positif dan 132.491 kasus kematian terkait Covid-19 per 30 Agustus 2021. Maka dari itu, menjaga diri agar terhindar dari virus ini menjadi hal yang penting bagi kita semua. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari virus ini adalah dengan memperkuat sistem imun. Latihan fisik atau olahraga menjadi satu dari beberapa cara yang sangat dianjurkan untuk memperkuat sistem imun tubuh.

Terbatasnya Kegiatan Olahraga di Luar

Sayangnya, terkait dengan bahayanya penyebaran virus Covid-19 dan adanya protokol kesehatan yang mengharuskan kita untuk menghindari kerumunan dan menjaga jarak satu sama lain ketika berada di luar, kegiatan olahraga di luar seperti  pergi ke gym ataupun kolam renang publik menjadi terbatas bahkan hampir tidak mungkin untuk dilakukan. Maka dari itu, olahraga di dalam rumah bisa menjadi pilihan terbaik untuk menjaga sistem imun tubuh seperti sekarang ini.

Latihan Kardio

Latihan kardio menjadi satu dari beberapa olahraga di dalam rumah yang dianjurkan. Hal ini dikarenakan latihan kardio sendiri cukup mudah untuk dilakukan. Berikut beberapa gerakan latihan kardio yang dapat dipraktikkan di rumah :

  1. Jogging di tempat

Sesuai dengan namanya, jogging atau lari kecil dalam konteks ini dilakukan di satu spot yang sama dan tidak membutuhkan treadmill. Jogging di tempat ini juga dapat divariasikan dengan beberapa gerakan lainnya seperti high knees, arm circles, dan gerakan lainnya.

2. Jumping jacks

Jumping jacks diawali dengan posisi badan yang tegap dan kedua tangan di samping badan yang dilanjutkan dengan melompat dengan kaki terbuka selebar bahu dan tangan yang diangkat ke atas kepala. Setelah itu, tubuh kembali ke posisi semula. Jumping jacks ini dilakukan secara berulang-ulang menyesuaikan ketahan tubuh masing-masing individu.

See also  Meditasi di Tengah Kesibukan Anda

3.Lompat tali

Lompat tali atau yang biasa dikenal sebagai skipping menjadi salah satu gerakan kardio yang cukup umum di kalangan masyarakat. Peralatan yang dibutuhkan juga tak terlalu sulit untuk dicari karena hanya dapat berupa tali yang cukup panjang menyesuaikan tinggi tubuh individu.

4.Stair climb

Dari namanya sendiri, stair climb jelas membutuhkan tangga sebagai medianya. Bagi yang memiliki tangga di rumah, stair climb bisa menjadi pilih latihan kardio yang tepat. Stair climb dilakukan hanya dengan menaiki kemudian menuruni tangga secara teratur. Apabila sudah cukup terbiasa, stair climb dapat dilakukan dengan kecepatan yang lebih dari sebelumnya.

5.Plank jacks

Plank jacks merupakan upgrade dari plank biasa. Apabila plank biasa hanya dilakukan dengan menahan beban tubuh pada telapak tangan dan ujung kaki, plank jacks dilakukan dengan kombinasi gerakan melompat dan medekatkan lalu menjauhkan kedua kaki selebar bahu.

Referensi

https://covid19.go.id/

https://www.bbc.com/sport/get-inspired/32416767

https://www.healthline.com/health/cardio-exercises-at-home#advanced