Efikasi dan Efektivitas Vaksin, Apa Perbedaannya ?

Semua vaksin yang saat ini telah disetujui oleh WHO untuk penggunaan darurat telah melalui fase trial dan klinis untuk mengetahui keamanan dan efikasinya. Agar dapat penggunaannya disetujui, vaksin perlu lulus uji efikasi pada rentang diatas 50%. Setelah lulus dan disetujui, vaksin akan dipantau keamanan dan efektivitasnya. Namun, tahukah Anda perbedaan antara efikasi dan efektivitas?

Efikasi vaksin diukur dalam uji klinis yang didasari oleh berapa banyak individu yang mendapat vaksin menghasilkan ‘outcome of interest’ dibandingkan dengan berapa banyak individu yang mendapat vaksin placebo menghasilkan hal yang sama. Setelah masa penelitian selesai, banyaknya kelompok individu yang sakit akan dibandingkan untuk menghitung resiko terinfeksi penyakit berdasarkan bagaimana individu mendapat vaksin atau tidak. Melalui ini kita akan mendapat efikasi vaksin. Semakin tinggi efikasi vaksin semakin rendah individu yang sakit setelah vaksin dibanding individu yang mendapat placebo.

Sebagai contoh, jika efikasi vaksin adalah 80%, maka individu yang mendapat vaksin akan memiliki resiko 80% lebih rendah dibandingkan dengan orang yangt idak mendapat vaksin. Jadi belum tentu vaksin dengan efikasi 80% membuat 20% individu yang mendapat vaksin akan sakit.

Uji klinis yang diikuti masyarakat luas dengan berbagai kondisi, belum dapat merepresentasikan semua populasi. Efektivitas vaksin diukur dengan memperhatikan sebaik apa vaksin bekerja untuk melindungi masyarakat luas. Hasil efektivitas vaksin dapat berbeda dengan efikasi vaksin yang diukur pada masa uji klinis. Ini disebabkan karena kita tidak dapat memprediksi dengan tepat bagaimana vaksinasi bekerja pada masyarakat yang lebih luas di kondisi dunia nyata.

Daftar Pustaka

WHO, 2021, “Vaccine efficacy, effectiveness and protection”

https://www.who.int/news-room/feature-stories/detail/vaccine-efficacy-effectiveness-and-protection

WHO, 2021,” The Sinovac COVID-19 vaccine: What you need to know”

See also  Bahaya Dibalik Memakai Headset yang Perlu Anda Ketahui

https://www.who.int/news-room/feature-stories/detail/the-sinovac-covid-19-vaccine-what-you-need-to-know

Yale Medicine, 2021, Comparing the COVID-19 Vaccines: How Are They Different?