Meditasi di Tengah Kesibukan Anda

Oleh dr. Andy Andrean ; Direview oleh : dr. Rachmat Hidayat, M.Sc & dr. Patricia Wulandari, Sp.KJ

Kesibukan sehari-hari, tuntutan kerja, beban pembelajaran tentunya menjadi sumber stres bagi beberapa orang. Stres yang tidak dikelola dapat mengganggu kesehatan fisik dan menurunkan produktivitas anda. Stres dapat menimbulkan gejala sakit kepala, gangguan pencernaan, nyeri otot, jantung berdebar, berkeringat, dan pada wanita dapat mengalami gangguan menstruasi. Secara psikis stres dapat membuat sulit konsentrasi, sulit untuk mengambil keputusan, dan berfikir pesimis. Ada banyak cara dalam mengelola stress, salah satunya adalah dengan meditasi. Meditasi mudah dan murah untuk dilakukan dimana saja dan kapanpun. Meditasi adalah praktik di mana seseorang melatih perhatian,kesadaran, dan mencapai keadaan mental yang jernih dan tenang secara emosional dan stabil. Meskipun meditasi telah dipraktikkan selama ribuan tahun, praktik meditasi dalam dunia kedokteran dirintis di Amerika Serikat oleh seorang dokter di Harvard yakni Herbert Benson pada tahun 1970-an. Meditasi ternyata memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan fisik dan jiwa kita. Berikut manfaat yang dapat anda peroleh dengan mempraktikkan meditasi di antara kesibukan anda.

Mengendalikan emosi

Meditasi secara rutin sangat baik bagi kesehatan jiwa anda dan dapat membantu anda mengendalikan emosi. Meditasi dapat membuat anda lebih berpositif dalam berfikir dan mencegah meledaknya emosi kita. Penelitian yang dilakukan Richard J Davidson dari Universitas Wisconsin Amerika Serikat menunjukan bahwa latihan meditasi dapat meningkatkan aktivasi korteks prefrontal, yang berhubungan dengan emosi positif dan kesehatan mental.

Mengurangi cemas dan depresi

Berdasarkan penelitian Universitas California yang dilakukan oleh Felipe A Jain ternyata teknik meditasi  dapat mengurangi gejala depresi. Selain itu, penelitian Universitas Maryland yang dilakukan oleh Kevin W Chen menunjukan bahwa meditasi mampu mengurangi kecemasan seseorang. Meditasi rutin dipercaya dapat meningkatkan senyawa GABA yaitu senyawa kimia yang berperan mengurangi kecemasan. Hal tersebut juga didukung oleh jurnal penelitian World Institute for Scientific Exploration dan beberapa institusi bahwa pada orang yang melakukan meditasi didapatkan peningkatan senyawa GABA tersebut.

See also  Sering Menatap Layar Komputer, Apakah perlu Menggunakan Kacamata Penghalau Sinar Biru?

Mengatasi stress

Meditasi mampu merangsang tubuh untuk menghasilkan hormon endorphin. Hormone endorphin adalah hormon yang berperan penting dalam mengelola stress. Meditasi juga terbukti menurunkan kadar kortisol pada studi yang dilakukan Eötvös Loránd University oleh Adam Koch pada beberapa penelitian. Kadar hormone kortisol yang tinggi disebabkan oleh stress yang berlebihan. Meditasi dapat mengurangi kadar hormone kortisol yang berlebihan di tubuh. Kadar kortisol yang tinggi dalam jangka panjang dapat menyebabkan kenaikan berat badan, gula darah, dan tekanan darah.

Cara bermeditasi

Meditasi  bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa peralatan atau persiapan khusus. Untuk memulainya, ambilah posisi yang nyaman, atur napas, dan fokus pada detak jantung atau rasakan sensasi udara yang mengalir saat menarik dan mengembuskan napas. Memfokuskan perhatian anda umumnya merupakan salah satu elemen paling penting dari meditasi. Anda juga bisa memusatkan perhatian pada bunyi di sekitar, misalnya bunyi detakan jam atau tetesan air hujan. Selanjutnya, mulailah memfokuskan diri pada keadaan yang sedang terjadi di sekitar Anda. Lakukanlah hal tersebut selama kurang lebih 3–5 menit, lalu fokuskan kembali pikiran Anda. Jika Anda seorang pemula, berlatih meditasi mungkin lebih mudah jika anda berada di tempat yang tenang dengan sedikit gangguan, termasuk tidak ada televisi, radio, atau ponsel. Saat anda semakin terampil dalam meditasi, anda mungkin dapat melakukannya dimana saja. Anda dapat berlatih meditasi pada posisi seperti duduk atau berbaring. Berusahalah untuk merasa nyaman sehingga anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari meditas. Tetaplah untuk menjaga postur tubuh yang baik selama meditasi.

Ternyata meditasi meyimpan manfaat yang baik bagi tubuh anda. Selain itu, meditasi juga mudah dilakukan bukan? Marilah kita luangkan waktu sejenak untuk meditasi.

See also  Pelaksanaan Vaksinasi di Bulan Ramadhan